16.6 C
New York
Thursday, May 9, 2024

Shalat Iduladha Muhammadiyah di Kisaran Timur 28 Juni

Asahan, MISTAR.ID

Warga persyarikatan Muhammadiyah akan melaksanakan salat Iduladha 1444 Hijriah pada Rabu (28/6/23). Jadwal ini lebih cepat satu hari dari keputusan pemerintah yang seharusnya dilaksanakan pada Kamis, 29 Juni 2023.

Terkait hal itu, Pimpinan Cabang Muhammadiyah Kisaran Timur di Kabupaten Asahan, telah melakukan persiapan pelaksanaan shalat Iduladha di tanah lapang Kompleks Perguruan Muhammadiyah, Kisaran.

Amatan wartawan, Selasa (27/6/23) di lokasi tampak panitia telah mempersiapkan panduan garis tali untuk shaf para jamaah shalat Iduladha dan juga tenda mimbar untuk imam. Tempat ini diperkirakan bisa menampung jamaah hingga 3 ribu orang.

“Sebenarnya di pimpinan Cabang Muhammadiyah Kisaran Timur, salat Iduladha ada di tiga lokasi. Dua lagi diadakan di ranting Siumbut-umbut dan Gambir Baru,” kata Mukhtasar selaku ketua cabang Muhammadiyah Kisaran Timur.

Baca juga:Jemaah Muhammadiyah Tebing Tinggi Laksanakan Sholat Iduladha

Bertindak selaku imam Armawi, alumni Madrasah Aliyah 2 Muhammadiyah Kisaran, dan khatib Mukhtasar. Dia memperkirakan, jamaah yang datang untuk shalat Iduladha 1444 H ini tidak sebanyak pada Idul Fitri.

“Jemaah yang datang nanti tidak hanya dari warga persyarikatan Muhammadiyah. Diperkirakan tidak sebanyak Idul Fitri karena itu yang datang dari mana-mana, ada yang pulang kampung juga. Kalau Iduladha ini kan berbeda tidak ada tradisi mudik,” kata dia.

Usai pelaksanaan shalat Iduladha, pimpinan cabang Muhammadiyah Kisaran Timur juga akan menyembelih hewan kurban di hari itu juga. Ada sebanyak 13 ekor sapi yang dikurbankan pada tahun ini dan dibagikan kepada mustahik.

“Untuk penyembelihan hewan kurban juga besok. Ada peningkatan hewan kurban yang disembelih ketimbang tahun lalu. Mungkin karena efek PMK di tahun kemarin,” kata dia. (perdana/hm17)

Related Articles

Latest Articles