15.9 C
New York
Wednesday, May 15, 2024

Sekolah di Deli Serdang ‘Dipaksa’ Beli Foto Bupati Seharga Rp450 Ribu

Deli Serdang, MISTAR.ID

Kepala Sekolah (kasek) SD dan SMP di Kabupaten Deli Serdang mengeluh. Pasalnya, mereka diharuskan membeli foto Bupati Deli Serdang ke 14, HM Ali Yusuf Siregar ukuran 40 x 80 cm seharga Rp450 ribu. Padahal, di pasaran dengan ukuran dan bingkai yang sama hanya Rp50 ribu.

Informasi diperoleh menyebutkan, pembelian foto Bupati Deli Serdang kabarnya dikoordinir oleh Dinas Pendidikan Deli Serdang. Itu dilakukan setelah HM Ali Yusuf dilantik menjadi Bupati Deli Serdang ke 14 oleh Penjabat Gubernur Sumatera Utara, Hassanudin di Aula Tengku Rizal Nurdin Medan, Jumat (8/12/23) lalu.

“Setelah Pak Yusuf dilantik jadi Bupati, besoknya kepala SD dan SMP Negeri ‘dipaksa’ dinas untuk beli foto bupati ukuran sekitar 40 x 80 cm dengan harga Rp450.000 dan itu wajib. Kesannya foto tersebut ngalah-ngalahi foto Presiden aja besarnya,” ujar salah seorang Kasek SD yang minta namanya dirahasiakan, Selasa (2/1/24).

Padahal, harga foto dan bingkai seperti itu, sambung sang Kasek, sekitar Rp50 ribuan di pasaran. Pun begitu, pihak sekolah dasar menolak kewajiban membeli foto bupati tersebut.

Baca Juga : Buntut Kutipan Rp130 Ribu per Bulan, Korwas SMP Disdik Deli Serdang Diminta Mundur

Penolakan ini dibenarkan oleh Kordinator Wilayah Kecamatan (Korwilcam) Dinas Pendidikan Hamparan Perak Kabupaten Deli Serdang, Salima Pama. Mantan Korwilcam Sunggal tersebut mengaku menggratiskan foto tersebut kepada kasek jajaran.

“Saya gratiskan untuk Kasek. Bapak (Bupati Ali Yusuf Siregar) pun marah kalau fotonya dijual,” kata Salima.

Iapun mengaku menyesalkan kewajiban membeli foto bupati tersebut. “Enak kali orang itu mau cari keuntungan jual foto bupati. Pokoknya ku gratiskan supaya dipasang di sekolah,” ucapnya.

Kabarnya, banyak sekolah dasar menolak pembelian foto Bupati dengan harga selangit tersebut. Namun, Kasek SMP menyetujui kewajiban itu. “Kalau SMP jadi. Sudah bayar pun mereka,” ungkap salah seorang Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kantor Dinas Pendidikan Deli Serdang. (sembiring/hm24)

Related Articles

Latest Articles