19.2 C
New York
Monday, May 20, 2024

Sambangi Desa Tumpak Raja, Bupati Eddy Berutu Ingatkan Soal Ini

Dairi, MISTAR.ID

Di bawah cuaca yang cukup terik, puluhan warga berkumpul di Jamburta Ras Barisan Mesin, Desa Tumpak Raja, Kecamatan Gunung Sitember, Kabupaten Dairi, menunggu kedatangan Bupati Eddy Keleng Ate Berutu, Rabu (23/8/2023).

Sambil menunggu, mereka asyik berbincang-bincang satu sama lain di tengah suasana yang hangat. Beberapa di antaranya datang bersama orang tua, suami, atau istri mereka. Ibu-ibu sibuk merawat bayi-bayi mereka sementara anak-anak terdengar riang bermain.

Sontak, semua kegiatan itu terhenti ketika Bupati Dairi, Eddy Berutu, tiba di jambur tersebut, didampingi Ketua PKK, Romy Mariani Eddy Berutu. Warga Tumpak Raja yang memang sedang menantikan kedatangannya pun terlihat antusias dan gembira.

“Salam, Njuah-Njuah, Mejuah-juah,” sapa Eddy begitu dia tiba di jambur.

Baca Juga: Jalan Protokol di Dairi Rusak Parah dan Berlubang, Ancam Keselamatan Pengendara

Dengan penuh kehangatan, Bupati Eddy memberikan sapaan kepada semua orang, bertanya kabar mereka, lalu berbincang-bincang santai dengan warga Tumpak Raja.

Setelah menyapa semua yang hadir, Eddy duduk bersama beberapa warga dan perwakilan desa di meja panjang sambil menikmati secangkir kopi.

Eddy berbicara bahwa kopi adalah warisan nenek moyang yang telah membuat Dairi dikenal hingga ke mancanegara.

Oleh karena itu, ia mengingatkan, bahwa masyarakat Dairi memiliki tanggung jawab untuk menjaga warisan ini, salah satunya dengan mengembangkan kemasannya agar lebih praktis dan menarik bagi konsumen.

Setelah menikmati kopi bersama warga Tumpak Raja, Eddy dan rombongannya duduk di lantai dan bergabung dengan masyarakat, lalu menyampaikan tujuan kunjungan tersebut.

Eddy menjelaskan, bahwa ia datang untuk mengimplementasikan program percepatan penurunan stunting melalui pendekatan bina keluarga balita yang komprehensif.

Baca Juga: Liput Kehadiran Kasi Datun di PUTR Dairi, Oknum ASN Usir Wartawan

“Mengapa harus Desa Tumpak Raja? Karena angka stuntingnya sangat tinggi, bahkan dari 112 bayi di desa ini terdapat 42 bayi atau sekitar 37.5% yang terkena stunting. Maka kita perlu seia sekata dalam mengatasi permasalahan stunting di Desa Tumpak Raja,” ujarnya.

Usai sambutan, Eddy menyerahkan bantuan kepada keluarga yang berisiko stunting berupa beras dari Dinas Sosial dan bibit sayuran dari Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan (DPKPP) Kabupaten Dairi.

Related Articles

Latest Articles