18.8 C
New York
Tuesday, May 14, 2024

Resmikan Ruang Rawat Lapas dan Isolasi di RSU Natama, Wagubsu: RS di Daerah Harus Mumpuni

Tebing Tinggi, MISTAR.ID

Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu) Musa Rajekshah meresmikan pemakaian Ruang Rawatan Lapas dan Isolasi, Rumah Sakit Umum (RSU) Natama Tebing Tinggi, Jalan Kartini, Kota Tebing Tinggi, Jumat sore (1/9/23) sekira pukul 15.00 Wib

Dalam sambutannya, pria yang akrab disapa Ijeck berharap kehadiran RSU Natama tidak hanya melayani warga binaan, tetapi seluruh warga Kota Tebing Tinggi.

“Saya ucapkan selamat kepada Rumah Sakit Umum Natama dan seluruh jajaran direksi, karena hari ini peresmian Ruang Rawat Inap untuk warga-warga binaan yang ada di Lapas Kota Tebing Tinggi,” kata Ijeck.

Baca Juga: RS Natama Kota Tebing Tinggi Akan Miliki Ruang Rawatan Khusus Napi dan Tahanan

Ia berharap, Provinsi Sumatera Utara pada umumnya bisa memiliki rumah sakit-rumah sakit dengan kelas yang semakin baik, agar tidak bergantung dengan rumah sakit di Kota Medan saja.

Wagubsu mengingatkan, suasana pasca pandemi Covid-19, di mana masyarakat begitu panik menghadapinya. Ia juga menekankan perlunya pelayanan kesehatan yang mumpuni di daerah, sebelum menuju Kota Medan.

“Tidak sedikit yang akhirnya dalam perjalanan sudah tidak bernyawa baru sampai ke Medan,” katanya.

Tak hanya saat pandemi Covid-19, Ijeck juga mengingatkan bahwa hari ini masih banyak penyakit yang tidak bisa ditangani di daerah dan harus dibawa ke Kota Medan untuk perawatan lebih lanjut. Seiring itu, banyak juga pasien meninggal dunia dalam perjalanan.

“Jadi kita berharap untuk penyebaran rumah sakit ini tidak hanya di kota-kota besar, tapi juga ada di daerah-daerah,” harapnya.

Pada kesempatan itu, ia juga menyambut baik adanya ruang rawat inap bagi warga binaan Lapas.

Baca Juga: Tersangka ke-4 Kasus Korupsi Proyek Galvanis Siantar Segera Disidang

“Tadi yang mewakili Kalapas menyampaikan 300% lebih over kapasitas Lapas kita. Bukan hanya di sini, di seluruh Indonesia,” sebutnya.

Hal itu, menurut Ketua DPD Partai Golkar Sumut itu juga perlu menjadi perhatian bersama.

“Banyaknya orang yang melanggar hukum. Belum lagi kasus-kasus yang banyak di Lapas itu sebahagian besar adalah narkoba, begitulah keadaan lingkungan kita. Kalau ini terus kita biarkan betapa akan sulitnya ke depan,” katanya.

Kondisi itu menurut Ijeck akan mempengaruhi ekonomi negara, yang akhirnya tersedot untuk membiayai orang-orang harusnya menjadi generasi penerus bangsa.

Wagub Musa Rajekshah kemudian menandatangani prasasti  tanda peresmian Ruang Rawat Lapas dan Isolasi dilanjutkan dengan peninjauan ke ruangan. Selain itu juga digelar kegiatan sunat masal dan pemberian paket sembako dan santunan kepada anak yatim.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, mewakili Pj Wali Kota Tebing Tinggi Said Irwan, mewakili Kapolres Tebing Tinggi Kompol Yunan, Ketua DPRD Kota Tebing Tinggi Basaruddin Nasution, Kepala Jasa Raharja Kota Tebing Tinggi Tengku Rahmudin, Kajari Gurontalo Dr Muhammad Iqbal dan Komisaris PT Khairi Utomo Berkah Dr Muhammad Khairul. (Nazli/hm22)

Related Articles

Latest Articles