22.5 C
New York
Friday, September 27, 2024

Ratusan Kades di Deli Serdang ke NTB, Bimtek Hanya Formalitas?

Deli Serdang, MISTAR.ID

Ratusan kepala desa (Kades) se-Kabupaten Deli Serdang, yang study tiru dan bimtek di Lombok, Nusa Tenggara Barat, gelombang kedua tiba di Bandara Kualanamu, Kamis (14/12/23) malam.

Selain para Kades yang berangkat pada Sabtu (9/12/23) lalu, ikut juga Camat dan Kasi Pembangunan di setiap kecamatan juga Aparatur Sipil Negara (ASN) termasuk honorer Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Deli Serdang.

Usai perjalanan selama 5 hari, sejumlah Kades ketika dikonfirmasi, menyebutkan bahwa kegiatan tersebut hanya formalitas belaka selebihnya jalan-jalan.

“Lumayan lah bisa ke Lombok. Liat pantai yang indah naik speedboat. Bisa foto-foto sama bule bahkan ke Mandalika. Kalau gak jadi kades mana mungkin bisa kayak gitu,”bilang mereka bersamaan.

Baca juga: Studi Tiru Ratusan Kades Deli Serdang ke Lombok Juga Bawa Honorer Dinas PMD

Adapun 11 kecamatan yang tergabung dalam gelombang kedua meliputi Kecamatan Batang Kuis, Beringin, Galang, Deli Tua, Labuhan Deli, Lubuk Pakam, Pagar Marbau, Pantai Labu, Patumbak, Percut Seituan dan Kecamatan Tanjung Morawa.

Sementara Kecamatan Gunung Meriah, STM Hilir, STM Hulu, Namorambe, Sibolangit, Kutalimbaru, Pancur Batu, Biru Biru, Bangun Purba, Hamparan Perak dan Kecamatan Sunggal masuk dalam gelombang pertama.

Pembagian menjadi dua gelombang karena jumlah kades di Deli Serdang mencapai 380 orang dari 22 kecamatan. Keberangkatan pulang pergi setiap rombongan menggunakan pesawat Lion Air dan menginap di Hotel Lombok Raya Mataram.

Baca juga: Hari Ini Ratusan Kades di Deli Serdang Kembali dari Lombok

Diberitakan sebelumnya, biaya satu orang kades mencapai Rp 20 juta yang diambil dari Anggaran Dana Desa (ADD). Totalnya mencapai Rp 7,6 Miliar.

Kepergian mereka ditanggungjawabi oleh masing-masing Badan Kerja Sama Antar Desa (BKAD) Kecamatan se-Kabupaten Deli Serdang.

Mereka sudah bekerjasama dengan pihak ketiga untuk memfasilitasi kegiatan study tiru dan bimtek dengan Lembaga Pengembangan Masyarakat Daerah (LPMD) yang berpusat di Ciledug, Kota Tangerang.

Bimbingan Teknis dan Study Tiru yang dilaksanakan bertemakan,”Penyelenggaran Pemerintahan Desa yang Baik dan Pendapatan Asli Desa Guna Peningkatan Perekonomian Desa serta Percepatan Pencapaian SDGS Desa Sesuai dengan Tematik Pengelolaan Keuangan Desa”.(sembiring/hm17)

Related Articles

Latest Articles