11.2 C
New York
Saturday, May 11, 2024

PT AR Martabe Gold Batang Toru Kuasai Lahan Masyarakat, Warga Minta Ganti Rugi

Tapsel, MISTAR.ID

Sebanyak 8 orang warga pemilik Lahan melakukan pengaduan ke pihak Polres Tapanuli Selatan (Tapsel), pasalnya lahan tanah/kebun milik ke 8 orang tersebut sudah digarap oleh perusahaan Tambang Emas Martabe yang dikelola oleh PT Agincourt Resourcea Martabe Gold Aek Pining, Kecamatan Batang Toru, Kabupaten Tapanuli Selatan.

Informasi tersebut diketahui setelah 8 orang warga yang didampingi oleh kuasa hukum dari Kantor Hukum Erwinsyah Dimyati Lubis. Melakukan peninjauan ulang bersama dengan pihak PT Agincourt Resourcea Martabe Gold dan Personil Sat Reskrim Polres Tapsel, 13 dan 14 Februari 2023 kemarin. Di lokasi sekitar Ramba Joring, Desa Napa dalam areal yang sudah dikuasai PT AR Martabe Gold.

Ke 8 orang tersebut berharap agar pihak PT Agincourt Resourcea Martabe Gold agar membayar ganti rugi.

Baca juga: Polres Tapsel Amankan Bandar Sabu Saat Gelar GKN

Suparman salah seorang pemilik lahan ketika ditemui, Jumat (15/9/23) mengatakan, sebelumnya di tahun 2012 yang lalu persoalan lahan ini sudah pernah dimediasi oleh pihak Pemerintah Kabupaten Tapsel. Dan hasil pihak Tambang meminta untuk membuka rekening Bank agar memudahkan proses penyelesaian. Kenyataanya, hingga sampai saat ini janji dari pihak PT Agincourt Resourcea Martabe Gold belum melakukan pembayaran.

“Benar, rabu dan Kamis tanggal 13/14 februari 2023 kemarin kita kembali melakukan peninjauan lapangan. Namun belum berhasil tuntas akibat lahan yang luas dan sebahagian pemilik tidak diperbolehkan masuk karena terkendala vaksin Booster sebagai persyaratan masuk ke lokasi Tambang,” jelas Suparman.

Dilokasi yang sama, Nur Cahaya Tanjung yang juga merupakan salah seorang pemilik lahan berharap, persoalan ini cepat tuntas. Mengingat dirinya telah susah memperjuangkan haknya lebih 10 Tahun. Yang merupakan hak mereka namun dikelola oleh pihak PT Agincourt Resourcea Martabe Gold tanpa adanya ganti rugi.

Related Articles

Latest Articles