11.8 C
New York
Monday, May 6, 2024

Proyek PLTA Asahan 3 Ditarget Rampung Maret 2024

Asahan, MISTAR.ID

Proyek Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Asahan 3 berkapasitas 2×87 megawatt (MW) yang berlokasi di Kecamatan Aek Songsongan, Kabupaten Asahan ditargetkan selesai pada Maret 2024. Saat ini progres pengerjaannya sudah 67 persen.

Hal tersebut disampaikan oleh manajer proyek PLTA Asahan 3 Agil Darmawan saat menyampaikan perkembangan proyek di hadapan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) di kantor Bupati Asahan, Selasa (15/11/22).

Agil juga menyampaikan kendala yang dihadapi dalam pembangunan PLTA Asahan 3 kepada Forkopimda di antaranya ketidaksepakatan beberapa masyarakat pemilik lahan dengan harga penggantian wajar yang ditetapkan Kantor Jasa Penilai Publik (KJPP).

Baca Juga:PLTA Asahan III Siap Beroperasi 2024

“Sesuai ketentuan pembebasan lahan yang berlaku, proses pembebasan lahan telah dialihkan melalui mekanisme konsinyasi ke Pengadilan Negeri Asahan. Namun dalam praktiknya di lapangan, beberapa pemilik lahan masih belum bersedia memberikan akses masuk ke lahan tersebut,” ujarnya.

Oleh karena itu, Agil meminta dukungan dari Pemkab Asahan terkait Pembangunan PLTA Asahan 3 serta dukungan langsung dari pihak desa untuk mendampingi dan memberikan penjelasan ke masyarakat agar proses pengadaan tanah dan persiapan daerah lintasan jalur transmisi dapat segera direalisasikan.

Bupati Asahan Surya mengucapkan terima kasih kepada Manajer PLTA Asahan 3 atas kunjungan dan ekspose progres pembangunan PLTA Asahan 3 yang disampaikan dan membantu terkait kendala yang dihadapi.

Baca Juga:Komitmen Pengembangan EBT, PLN Bangun PLTA Asahan 3 di Sumut

Bupati juga berharap kehadiran PLTA Asahan 3 dapat memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat Asahan terkhusus kepada masyarakat yang berdomisili di sekitar PLTA.

“Saya berharap, apa yang kita diskusikan hari ini menghasilkan solusi agar pembangunan PLTA Asahan sesuai target yang telah ditentukan, dan segera dapat dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat,” harap Bupati Surya. (perdana/hm14)

Related Articles

Latest Articles