11.5 C
New York
Thursday, May 2, 2024

Polda Sumut: Pengendara Sepeda Motor Pakai Sandal Jepit Tidak Disanksi

Medan, MISTAR.ID

Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri mengeluarkan imbauan agar pengendara sepeda motor tidak menggunakan sandal jepit saat berkendara karena tidak bisa terlindungi bila terjadi kecelakaan lalu lintas.

Menanggapi hal ini, Kabid Humas Polda Sumut Kombes Pol Hadi Wahyudi menyebutkan, hal tersebut bersifat imbauan saja. Karena menurut dia, hal ini penting untuk meminimalisir fatalitas kecelakaan di jalanan.

“Imbauan ini untuk meminimalisir kecelakaan bagi pengendara motor. Penggunaan sandal jepit tidak ada proteksi jika bersentuhan langsung dengan aspal. Lain hal jika menggunakan sepatu, maka tingkat fatalitas kendaraan akan sangat minim,” ungkapnya.

Baca juga: Tabrak Mobil Berhenti, Pemotor Dilarikan ke Rumah Sakit

Di Sumatera Utara sendiri, sambung dia, pihaknya juga menerapkan imbauan ini. Personel yang di lapangan mulai memberikan imbauan kepada pengendara yang kedapatan memakai sendal jepit.

“Kita berupaya untuk menerapkan imbauan ini,” katanya.

Dia memastikan tidak ada penindakan dan sanki bagi pengendara yang kedapatan memakai sendal jepit. Kabid pun menambahkan, bagi pengendara sepeda motor memakai sepatu untuk mempersiapkan sebaik mungkin sebelum keluar rumah menggunakan motor baik jarak dekat maupun jarak jauh. Salah satunya menggunakan sepatu, helm dan jaket sebagai bentuk ikhtiar untuk menghindari kecelakaan.

Baca juga: Pengemudi Mobil ‘Provost FBI’ yang Tabrak Pemotor di Johor Divonis 2,5 Tahun Penjara

Sebelumnya, Korlantas Polri memberi penjelasan terkait imbauan kepada pengendara sepeda motor agar tak menggunakan sandal jepit saat berkendara. Kakorlantas Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi juga membantah beredarnya isu soal sanksi tilang bagi pengendara motor yang memakai sandal jepit. Ia mengatakan, imbauan tersebut merupakan upaya untuk mencegah fatalitas saat terjadi kecelakaan.

“Mohon maaf saya bukan men-strassing (menekan) pakai sendal jepitnya, tidak ada perlindungan pakai sandal jepit itu. Karena kalau pengendara sering pakai motor (dengan sandal jepit), kulit itu bersentuhan langsung dengan aspal, ada api, ada bensin ada kecepatan. Makin cepat makin tidak terlindungi kita, itulah fatalitas,” kata Firman kepada wartawan, Rabu (15/6/22). (saut/hm09)

Related Articles

Latest Articles