20.5 C
New York
Wednesday, May 15, 2024

Plt Bupati Deli Serdang: Pengarusutamaan Gender Strategi Pembangunan

Deli Serdang, MISTAR.ID

Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Deli Serdang, M Ali Yusuf Siregar mengatakan pengarusutamaan gender merupakan strategi pembangunan melalui prinsip kesetaraan dan keadilan gender. Baik laki-laki maupun perempuan, anak, lanjut usia (lansia) dan penyandang disabilitas.

Hal itu dilakukan dengan mengoptimalkan APBD Deli Serdang dan bantuan dari berbagai Lembaga Penyedia Layanan Pemberdayaan Perempuan (LPLPP) yang telah memberi perhatian, kepedulian, dan rasa empati untuk perbaikan dan kemajuan masyarakat Deli Serdang

“Kita menyadari sepenuhnya, masih adanya kesenjangan antara perempuan dan laki-laki dalam akses, partisipasi, kontrol, dan manfaat, serta penguasaan terhadap sumber daya yang ada.Seperti pada bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi, sosial budaya, dan bidang strategis lainnya,” kata Ali Yusuf Siregar penyampaiannya secara virtual pada Kunjungan Tim Verifikasi Lapangan (VL) Evaluasi Pengarusutamaan Gender (PUG) 2023 dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) RI Indonesia di Balairung Pemkab Deli Serdang, Kamis (9/11/23).

Baca juga : Disbudporapar Siapkan Dana Porkab dan Musorkab Deli Serdang

Dijelaskannya, optimalisasi penyelenggaraan PUG pascapandemi Covid-19 sebagaimana data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2021 di Kabupaten Deli Serdang, bisa dilihat dari Indek Pembangunan Manusia (IPM) sebesar 75,53,Indek Pembangunan Gender (IPG) 91,18,Indek Pemberdayaan Gender (IDG) 55,14 dan Indek Ketimpangan Gender (IKG) 0,408.

Pada tahun 2022, IPM meningkat menjadi 76,19,IPG 91,61,IDG 54,72 dan IKG 0,424. Jumlah kepala keluarga perempuan di Deli Serdang sebanyak 597.719 orang atau sebesar 13, 62 persen. Sementara angka keterlibatan perempuan di parlemen 6 persen, perempuan sebagai tenaga profesional 51,57 persen dan sumbangan pendapatan perempuan 28,19 persen.

Related Articles

Latest Articles