14.7 C
New York
Saturday, April 27, 2024

Pj. Sekdako Tebing Tinggi : Peningkatan Populasi Perkotaan Hadapi Tantangan Besar

Tebing Tinggi, MISTAR.ID

Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Kota Tebing Tinggi H. Kamlan Mursyid, mengatakan peningkatan populasi di perkotaan membuat pembangunan perumahan dan kawasan permukiman menghadapi tantangan yang semakin besar.

Untuk itu, menurut Pj. Sekda dibutuhkan upaya yang besar untuk mampu mengakomodasi berbagai kebutuhan masyarakat perkotaan, termasuk lahan perumahan dan permukiman beserta sarana, prasarana dan utilitas pendukungnya secara memadai.

“Keterlambatan atau ketidakmampuan perkotaan dalam mengakomodasi berbagai kebutuhan masyarakat inilah yang dapat mengakibatkan timbulnya perumahan kumuh dan permukiman kumuh,” ungkap Kamlan saat membuka Forum Group Discussion (FGD) Perumahan dan Kawasan Permukiman (PKP), Jumat (22/12/23) di Ruang Mawar Balai Kota.

Menurut Kamlan,  FGD ini dilaksanakan sebagai bentuk proses pemutakhiran profil permukiman kumuh dan penyepakatan profil hasil verifikasi dan identifikasi lokasi kumuh serta sebagai salah satu tahapan dalam penyusunan dokumen Rencana Pencegahan dan Peningkatan Kualitas Perumahan Kumuh dan Permukiman Kumuh (RP2KPKP), yang mana Pemerintah Kabupaten/Kota wajib mengadakan FGD.

Baca juga: Kembangkan Populasi Bibit Ternak, ISPI Adakan Bimtek dan Seminar Nasional

“Penyusunan dokumen RP2KPKP ini yaitu dengan mengidentifikasi 7 (tujuh) aspek kondisi kekumuhan, yaitu kondisi bangunan gedung, kondisi jalan lingkungan, kondisi penyediaan air minum, kondisi drainase lingkungan, kondisi pengelolaan air limbah, kondisi pengelolaan persampahan dan kondisi proteksi kebakaran. Adapun identifikasi pertimbangan lainnya adalah legalitas lahan,”katanya.

Ia menyebut, penyepakatan terkait dengan RP2KPKP perlu dilakukan oleh berbagai pihak sebagai bahan tindak lanjut dalam program dan kegiatan peningkatan kualitas perumahan kumuh dan permukiman kumuh.

“Program dan kegiatan penataan serta peningkatan kualitas perumahan kumuh dan permukiman kumuh ini harus berjalan baik dan sukses, tentunya dengan dikawal oleh berbagai pihak, baik pemerintahan, masyarakat maupun swasta,” tutupnya.

Turut serta hadir, Staf Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sumatera Utara (BPPWSU)Nazliansyah dan Edo Rizki P Lubis, para OPD.(Nazli/hm17)

Related Articles

Latest Articles