10 C
New York
Sunday, May 12, 2024

Pj Sekda Samosir Minta OPD Aktif Masukkan Seluruh Layanan Masuk SPBE  

Samosir, MISTAR.ID

Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Samosir, Naslindo Sirait meminta seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk serius dan aktif memasukkan seluruh layanan masuk dalam Sistim Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). Termasuk memastikan seluruh layanan untuk digitalisasi.

Hal itu disampaikan Naslindo saat membuka lokakarya penyusunan arsitektur dan peta rencana SPBE, Kamis (8/6/23) di Hotel JTS, Parbaba yang bekerja sama dengan USAID ERAT.

Ia mengatakan, OPD perlu merubah mindset digital untuk meningkatkan pelayanan berbasis SPBE yang mencakup kemauan untuk berbuat, memberikan pelayanan yang lebih baik dan melayani lebih cepat.

Baca juga: Naslindo Sirait Dilantik jadi Pj Sekda Samosir

“Pembangunan infrastruktur dan arsitektur SPBE harus dibarengi dengan respon cepat, sehingga di era digital dapat memberikan pelayanan untuk kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat,” sebutnya.

Naslindo menjelaskan, SPBE diamanatkan dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 95 Tahun 2018, dengan tujuan peningkatan kualitas layanan publik, meliputi jaringan informasi dan transaksi layanan publik yang dapat diakses kapan dan dimana saja.

Berikutnya, semakin terjangkaunya biaya transaksi layanan publik, hubungan pemerintah dengan dunia usaha menjadi lebih efektif dan bisa selalu update. Serta kemudahan berkomunikasi antar lembaga pemerintah untuk meningkatkan fasilitas dan pelayanan publik, menjamin transparansi dan efisiensi kinerja pemerintah.

Baca juga: Pemprov Sumut Targetkan Indeks SPBE, Terus Meningkat dari Baik menjadi Sangat Baik

Pj Sekda juga menekankan, supaya OPD memiliki kesamaan pandangan dan pemahaman yang baik dalam menyusun arsitektur SPBE di Kabupaten Samosir yang selaras dengan arsitektur SPBE nasional.

“SPBE bukan hanya tanggung jawab Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) maupun OPD yang memilki layanan publik. Akan tetapi OPD harus mendaftarkan hal-hal apa saja yang bisa didigitalisasi,” ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Kominfo Kabupaten Samosir, Denri Sihaloho mengatakan kegiatan lokakarya akan berlangsung tanggal 8-9 Juni 2023 diikuti seluruh OPD.

Baca juga: Pemkab Samosir Fokus Tingkatkan Prestasi SPBE 2022

Kegiatan ini menampilkan narasumber dari Tenaga Ahli Digital Transformation USAID ERAT Jakarta, Dana Sensuse, Analis kebijakan pertama Deputi Bidang Kelembagaan dan Tata Laksana Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB), Kaleb Sihombing, Dirjen Otonomi Daerah (Otda), Yuditha Hardini, Direktorat Layanan Aplikasi Informatika Pemerintahan Kementerian Kominfo, Shinta Nurhariyanti dan Dinas Kominfo Kabupaten Samosir.

“Penerapan pelayanan berbasis elektronik merupakan sebuah keharusan untuk meningkatkan kualitas layanan pemerintah kepada masyarakat. Juga terwujudnya digitalisasi pemerintah dalam kerangka reformasi birokrasi nasional,” kata Denri. (josner/hm16)

 

Related Articles

Latest Articles