21.4 C
New York
Friday, September 27, 2024

Perluasan Uji Coba Pogram Subsidi Tepat di Sumut Terus Digencarkan

Medan, MISTAR.ID

Section Head Communication Relation Sumbagut PT Pertamina Patra Niaga Sub Holding Pertamina Commercial & Trading, Agustiawan mengatakan pihaknya terus gencar menyosialisasikan pelaksanakan implementasi uji coba full cycle Program Subsidi Tepat di Sumatera Utara (Sumut) pada 7 Maret 2023 nanti.

“Lokasi pendaftaran saat ini ada sekitar 300 posko pendaftaran Subsidi Tepat di Sumut. Seperti di 236 titik di SPBU, 10 titik di kantor pemerintahan baik di kantor wali kota/bupati dan kantor Samsat, 5 titik di fasilitas umum terminal/bus, 2 organisasi usaha transportasi seperti Organda dan Aprindo,” kata Agustiwan, Sabtu (4/3/23).

Adapun cara Pelaksanaan Uji Coba Full Cycle Subsidi Tepat hanya dilakukan bagi konsumen Kendaraan Roda 4 atau lebih pengguna Biosolar (Jenis BBM Tertentu).

Baca Juga:Pembatasan BBM Subsidi Belum Berlaku, Tapi Nopol Kendaraan Harus Dicatat

“Pada tanggal 7 Maret nanti, konsumen datang ke SPBU, apakah dia sudah terdaftar tinggal scan QR dan diinput Nopol-nya. Volume pembelian maksimal solar JBT sesuai SK 04 BPH Migas. Kelompok 1 itu kendaraan perseorangan (pribadi) roda 4 dengan maskimal 60 liter/hari/kendaraan. Kelompok 2 kendaraan penumpang atau barang roda 4 dengan maksimal 80 liter/hari/kendaraan. Lalu kelompok 3 yakni untuk kendaraan penumpang atau barang roda 6 dengan maksimal 200 liter/hari/kendaraan,” ujarnya.

Sementara itu, bagi kendaraan yang belum mendaftar akan dicatat nopolnya dan untuk kuotanya sendiri memang di bawah dari kendaraan yang telah terdaftar yakni 40 liter/hari/kendaraan.

Adapun benefit pelaksanaan program ini untuk meningkatkan pendapatan daerah dikaitkan dengan peningkatan PBBKB dari meningkatnya penjualan BBM Non Subsidi. Dengan berkurangnya pembeli yang tidak berhak, dapat membantu me-manage penyaluran kuota BBM subsidi yang terbatas ke masyarakat menjadi lebih baik (kecukupan kuota, berkurangnya antrean).

Baca Juga:Polda Sumut Ungkap 6 Kasus Penyalahgunaan BBM Subsidi

“Dengan berkurangnya pembeli yang tidak berhak, dapat berkontribusi dalam menghemat beban subsidi negara. Membantu proses pengawasan penyaluran BBM subsidi ke masyarakat sesuai amanat Perpres 191/2014. Bagi masyarakat akan ada kepastian mendapat BBM subsidi bagi konsumen yang berhak. Waktu antrean menjadi lebih singkat. Masyarakat teredukasi dan paham terkait ketentuan penyaluran BBM subsidi. Pada SPBU lebih mudah dalam pelayanan BBM Subsidi kepada masyarakat karena tidak perlu menentukan konsumen berhak/tidak,” pungkasnya.

Seperti berita sebelumnya, sebagai bentuk upaya Pertamina untuk menyalurkan Jenis BBM Tertentu (JBT) Solar subsidi tepat sasaran dan lebih termonitor, Pertamina Patra Niaga akan melaksanakan perluasan wilayah implementasi uji coba full cycle Program Subsidi Tepat di Sumatera Utara (Sumut) mulai 7 Maret 2023.

“Pada tanggal 7 Maret, kita akan melakukan uji coba pelaksanaan pembelian BBM Solar subsidi menggunakan QR Code di Sumut,” ujar Area Manager Comm, Rel & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut, Susanto August Satria di SPBU 14201127, Jalan Sisingamangaraja, Medan, Rabu (1/3/23).

Baca Juga:Pembatasan Pembelian BBM Subsidi Mulai Agustus, Pertamina Masih Menunggu PP

Ia juga mengingatkan kepada masyarakat saat ini pendaftaran Program Subsidi Tepat masih terus berlangsung. Diharapkan, masyarakat segera melakukan pendaftaran Program Subsidi Tepat melalui website subsiditepat.mypertamina.id, aplikasi MyPertamina atau datang langsung ke SPBU.(anita/hm15)

Related Articles

Latest Articles