14.3 C
New York
Tuesday, April 30, 2024

Peringatan Hari Guru dan HUT ke- 77 PGRI, Bupati Deli Serdang: Inovasi Hal yang Tidak Bisa Ditawar Lagi

Deli Serdang, MISTAR.ID

Peringatan Hari Guru Nasional (HGN) Tahun 2022, sekaligus Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI), dimeriahkan dengan pameran hasil kerajinan siswa/i SD/SMP dengan puluhan stan.

Kegaitan yang berlangsung di GOR Lubuk Pakam terebut dihadiri Bupati Deli Serdang H Ashari Tambunan, Wabup HM Ali Yusuf Siregar, Kamis (15/12/22) sore.

“Kata kunci dari tema kegiatan ini adalah inovasi dan merdeka belajar. Inovasi adalah hal yang tidak dapat ditawar lagi. Saat ini, kita telah melewati fase kritis yaitu pandemi Covid-19,” kata Ashari Tambunan.

Hal itu, sambungnya, membawa dampak negatif yang berpengaruh bagi keberlangsungan penyelenggaraan pemerintahan, perekonomian, sosial masyarakat dan seluruh sektor salah satunya dunia pendidikan.

Baca Juga:Wali Kota Siantar Serahkan Penghargaan kepada Guru Penggerak di Peringatan HUT PGRI

“Dengan tema, serentak berinovasi, wujudkan merdeka belajar ini, saya berharap kita dapat menyelaraskan diri atas ide tersebut. Dengan cara yang humanis dalam konteks kondisi geografis maupun sosial-kultural di sini,” harap Bupati Ashari Tambunan.

Menurutnya, inovasi yang dilakukan harus sesuai kurikulum dan modifikasi melalui literasi terbaru dari buku-buku terbaru pula. Hal itu terbukti efektif dan efisien dalam menghadapi tantangan pandemi Covid-19 dan tantangan lain ke depannya.

Sedangkan, merdeka belajar merupakan kata-kata yang di dalamnya terdapat semangat dan citra pendidikan Indonesia di masa depan.

Ashari menyebutkan, sejalan dengan inovasi yang telah dilakukan, Pemkab Deli Serdang selalu memikirkan inovasi pelayanan pendidikan.

Baca Juga:HUT PGRI Ke-76 dan HGN 2021 Gelar Seminar Pendidikan di Pematangsiantar

Ini dibukti dengan raihan penghargaan Top Terpuji 45 Inovasi Pelayanan Publik dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara (Kemenpan RB), yang diserahkan Menteri PANRB, pada 6 Desember 2022 di Jakarta.

Inovasi-inovasi tersebut, antara lain, Kas Anak Kasir, Anak Pelorena, Anak Lapas, Anak Panji, Anak Kasir Mengaji, sebuah model pemberdayaan anak marjinal.

“Penghargaan tersebut merupakan bukti bahwa Kabupaten Deli Serdang kabupaten yang hebat dan berprestasi. Oleh karenanya, saya berharap penghargaan ini tidak hanya sebatas piala dan sertifikat, tetapi lebih dari itu,” paparnya.

Baca Juga:Peringatan HUT Korpri dan PGRI, Edy Rahmayadi Dorong PNS dan Guru Tingkatkan Layanan

Sebelumnya, Kadis Pendidikan Deli Serdang, Yudi Hilmawan dalam laporannya menyampaikan, puncak peringatan HGN dan HUT ke-77 PGRI dilaksanakan pada 3 Desember 2002 lalu di Kota Semarang yang dihadiri Presiden dan Menteri Pendidikan, Kebudayaan serta Teknologi, Nadiem Anwar Makarim.

“Pada usia 77 ini, PGRI harus konsisten sebagai mitra pemerintah dalam pendidikan dan budaya. Ini telah menjadi inspirasi dan semangat juang guru Deli Serdang untuk mengabdi dengan kreativitas dan inovatif,” ujar Kadisdik.

Terlihat hadir Wabup Deli Serdang HM Ali Yusuf Siregar, Dandim 0204/DS Letkol Czi Yoga Febrianto, Sekdakab H Timur Tumanggor, Ketua PGRI Sumatera Utara Abdul Rahman Siregar, Ketua PGRI Deli Serdang H Jumakir, Ketua LBKH PGRI Deli Serdang Muriadi, Ketua FKUB Deli Serdang H Waluyo, para pimpinan OPD serta ratusan guru.(rinaldi/hm10)

Related Articles

Latest Articles