26.8 C
New York
Friday, June 21, 2024

Peringatan Hardiknas di Kota Padangsidimpuan Berjalan Sangat Sederhana

Padangsidimpuan, MISTAR ID

Dinas Pendidikan Kota Padangsidimpuan menggelar peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2024 di halaman Kantor Dinas Pendidikan, Selasa (28/5/24).

Pj Wali Kota Padangsidimpuan, Letnan Dalimunthe menyampaikan komitmen Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) dalam meningkatkan mutu dan relevansi pendidikan di Indonesia terus menggeliat melalui langkah-langkah transformative yang holistic.

“Dalam era yang Merdeka Belajar, fokus utama pada inovasi kurikulum, pemberdayaan guru, dan integrasi teknologi di ruang kelas menjadi pilar-pilar utama dalam upaya memastikan setiap individu memiliki akses terhadap pendidikan berkualitas,” ujarnya.

Baca juga : 200 Siswa SD se-Kota Padangsidimpuan Ikuti Lomba O2SN

Menurutnya, paradigma Merdeka belajar yang menempatkan kebutuhan peserta didik sebagai prioritas, menjadi landasan esensial bagi transformasi Pendidikan.
“Melalui pendekatan ini, sekolah dan pendidik dapat sepenuhnya menyesuaikan metode pembelajaran dengan kebutuhan dan kemampuan siswa,” paparnya.

Letnan menambahkan ketika seseorang merasakan manfaat dari pendidikan yang berfokus pada siswa akan menjadi dorongan kuat untuk mempertahankannya, menggerakkan transformasi pendidikan Indonesia menuju arah yang lebih baik menjadi prioritas tak hanya bagi pemerintah, namun juga semua pemangku kepentingan.

“Dalam hal ini ada 3 (tiga) faktor kunci yang akan mempengaruhi keberlanjutan Merdeka Belajar di masa yang akan datang, pertama, peran penting Guru Penggerak yang telah menjadi agen perubahan dengan memperkenalkan paradigma baru dalam dunia pendidikan serta memberikan dampak positif bagi rekan-rekan guru lainnya,” ucapnya.

Related Articles

Latest Articles