20.9 C
New York
Thursday, July 4, 2024

Perayaan Pertama Tri Suci Waisak 2023 di Deli Serdang, Wabup: Pererat Persaudaraan

Deli Serdang, MISTAR.ID

Perayaan Tri Suci Waisak 2567 BE/2023 Masehi merepresentasikan visi misi Deli Serdang dengan masyarakatnya yang maju dan sejahtera, religius dan rukun dalam kebhinekaan.

Penegasan ini disampaikan Wakil Bupati (Wabup) Deli Serdang, HM. Ali Yusuf Siregar di Convention Hall Pemkab Deli Serdang, Lubuk Pakam, Minggu (25/6/23).

“Melalui perayaan Tri Suci Waisak ini, bisa menjadi sarana untuk semakin mempererat kebersamaan, tali persaudaraan dan toleransi antarumat beragama di Kabupaten Deli Serdang. Sehingga, cita-cita dalam mewujudkan Deli Serdang yang maju, sejahtera, dengan masyarakatnya religius dan rukun dalam kebhinekaan dapat kita wujudkan,” harap Yusuf Siregar.

Baca juga: Perayaan Waisak di Kota Medan Berlangsung Meriah, Arman Chandra: Bobby Nasution Bapak Toleransi

Dikatakannya, Hari Raya Tri Suci Waisak 2567 BE/2023 diharapkan menjadi momen yang bisa membawa kebahagiaan dan kedamaian kesejahteraan bagi seluruh masyarakat Deli Serdang, khususnya umat Buddha.

“Peringatan Tri Suci Waisak ini miliki makna besar bagi umat Buddha. Perayaan ini adalah momentum bagi umat Buddha untuk merenungkan kembali nilai-nila luhur ajaran sang Buddha. Di mana Buddha Sidharta Gautama mengajarkan Dharma yang berisi nilai-nilai universal,” papar Yusuf Siregar .

Oleh karena itu, kata dia, dengan memegang penuh Dharma, diharapkan umat Buddha akan dapat memahami makna hidup yang sesungguhnya.

Baca juga: Hari Raya Waisak, 6 Napi Lansia di Lapas Kelas I Medan Dapat Remisi

“Peringatan Hari Raya Tri Suci Waisak ini tentu merupakan wujud rasa syukur umat Buddha atas segala berkah dan karunia Tuhan Yang Maha Esa,” tutur Wabup.

Sebelumnya, Ketua Panitia Perayaan Waisak Bersama Umat Buddha Deli Serdang, Romo Pandita Arya Paramananda atau Suhu Deni melaporkan. Perayaan tersebut merupakan kali pertama diadakan di Deli Serdang, dengan mengusung tema, ‘Dalam cinta kasih kita semua saudara, masyarakat harmonis, negara damai’.

“Perayaan Waisak Bersama ini merupakan representasi umat Buddha dari berbagai mazhab atau aliran dan sekte. Dibina oleh tujuh majelis agama Buddha, 185 rumah ibadah Agama Buddha dan jumlah umat lebih kurang 35.853 jiwa di Kabupaten Deli Serdang,” rincinya.

Baca juga: Perayaan Waisak 2023 di Borobudur Beri Dampak Ekonomi Positif

Perwakilan umat Buddha yang juga Pengurus Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) Deli Serdang, Romo Muin menjelaskan. Perayaan Waisak bersama umat Buddha sudah dinantikan bertahun-tahun.

“Beberapa bulan lalu, saya dan penyelenggara Bimas Buddha Kemenag Deli Serdang. Sudah berjalan hampir ke seluruh desa dan kecamatan di Deli Serdang. Dengan tujuan untuk bagaimana semua majelis umat Buddha yang ada bisa bersatu untuk melaksanakan Waisak bersama,” katanya.

Selama ini, kata dia, majelis umat Buddha berjalan sendiri-sendiri. Sudah hampir 10 tahun mereka berjalan di seluruh pelosok desa. Bagaimana meningkatkan kerukunan, terutama kerukunan antar umat khususnya umat Buddha.

Baca juga: Ada Gamelan Selonding Dimainkan saat Perayaan Hari Raya Waisak se Jabodetabek

“Hari ini hadir lima agama di Deli Serdang. Inilah indahnya kebersamaan. Mudah-mudahan apa yang telah kita laksanakan bisa berkelanjutan,” tandas Muin. (rinaldi/hm21).

Related Articles

Latest Articles