23.8 C
New York
Wednesday, May 8, 2024

Penyakit Ternak PMK Tidak Menular ke Manusia

Tebing Tinggi, MISTAR.ID

Bhabinkamtibmas Polsek Padang Hilir, Resort Tebing Tinggi memberikan bimbingan penyuluhan dan edukasi tentang wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) kepada peternak di kandang lembu milik Goklas Sinaga di Jalan Mutiara, Kelurahan Tambangan, Senin (16/5/22).

Bhabinkamtibmas Bripka M Hartono mengimbau peternak agar segera melapor jika ada tanda-tanda mencurigakan di hewan peliharaannya seperti panas tinggi sekitar 39 derajat celsius hingga 41 derajat celsius, lalu keluar air liur secara berlebih, luka pada mulut, lidah, lubang hidung.

Kasi Humas Polres Tebing Tinggi AKP Agus Arianto kepada wartawan menyampaikan, petugas melakukan pengecekan dan edukasi kepada pemilik ternak.

Baca Juga:Kondisi Sapi Terjangkit PMK di Tanjung Morawa Sudah Membaik

“PMK tidak menular kepada manusia namun perlu hati-hati, sebab bisa menular kepada hewan lainnya,” ujarnya.

Agus melanjutkan, berdasarkan pengecekan terhadap 12 ekor lembu di dalam kandang yang tidak digembalakan, seluruhnya dalam keadaan sehat.

“Kita mengimbau kepada pemilik ternak agar terus memantau kesehatan ternaknya. Apabila ditemukan tanda-tanda mencurigakan ke arah PMK untuk segera memberitahukan kepada Bhabinkamtibmas agar ditindaklanjuti kepada pihak terkait,” ungkapnya. (nazli/hm14)

Related Articles

Latest Articles