15.2 C
New York
Wednesday, May 15, 2024

Pengukuhan Pengurus FOKUWS: Wartawan Harus Jadi Penyampai Informasi Berimbang

Samosir, MISTAR.ID

Ketua DPRD Samosir Saut Martua Tamba yang diwakili anggota DPRD Samosir Paham Gultom mengukuhkan kepengurusan FOKUWS (Forum Komunikasi Wartawan Simanindo), Rabu (2/12/20) di lokasi Wisata Wisata Kuburan di Aatas Pohon, Lumban Sijabat Tomok.

Pengukuhan ini dilakukan berdasarkan hasil rapat forum wartawan yang berdomisili di Simanindo yang dilakukan beberapa waktu lalu. Dengan pengukuhan ini wartawan diharapkan bisa bekerja dengan baik.

Dalam kesempatan itu, Paham Gultom mengatakan, wartawan memiliki tugas penting dalam pembangunan daerah lewat pemberitaan yang konstruktif dan inspiratif.

Baca Juga:Pembangunan Infrastruktur Pariwisata Samosir Raih Indonesia Award 2020

Selain itu juga , para wartawan juga merupakan mitra bagi semua kalangan, baik Eksekutif, legislatif dan yudikatif dalam menjalankan, serta menyampaikan program-program kerja kepada masyarakat secara efektif.

“Untuk itu, dengan pengukuhan ini kiranya semakin menguatkan semangat para wartawan untuk menyampaikan informasi kepada khalayak secara berimbang,” ujarnya.

Dia juga menyoroti Pariwisata Samosir. Berdasarkan Letak Samosir yang strategis, dikelilingi Danau Toba, akan menjadi tolok ukur promosi pariwisata berkelas internasional dengan menampilkan kearifan lokal berbasis budaya.

“Untuk event berikutnya, kami sebagai wakil rakyat yang dipercayakan masyarakat duduk di legislatif akan menampung dan mengusulkan supaya dananya diposkan di dinas pariwisata,” sebut Paham Gultom.

Baca Juga:Menteri Pariwisata Yakin Sektor Pariwisata di Sumut Bangkit

Acara dipandu oleh tokoh pemuda Pemerhati Pariwisata Samosir Harry Bos Sidabutar, Kapro Sidabutar, dan 9 tim peserta tortor bius dari Sekolah Tingkat SMP dan SMA se-Kecamatan Simanindo untuk memperebutkan hadiah yang disediakan oleh panitia.

Pjs Bupati Samosir, Lasro Marbun yang diwakili Kadis Pariwisata melalui Sekretaris Dinas, Ningar Sinaga mengatakan, pihaknya tidak membatasi setiap wartawan untuk menyampaikan berita.

“Hendaknya setiap kritikan yang disampaikan sejalan dengan masukan dan ide-ide konstruktif sebagi bentuk sumbangsih dalam membantu mewujudkan percepatan pembangunan dan pengembangan pariwisata di Kabupaten Samosir,” katanya.

Menurut Ningar, dinas pariwisata sangat salut dan bangga dengan pelaksanaan kegiatan yang diselenggarakan dengan suguhan penampilan kompetisi festival tortor tradisional dan kreasi baru di Bius Tomok.

Baca Juga:Selama Pandemi Hanya 17 Kunjungan Pariwisata di Sumut

Kepada seluruh masyarakat yang hadir, dia mengimbau supaya membenahi lingkungan masing-masing untuk bisa dijadikan menjadi basis wisata yang bersih dan sejuk, demi menyukseskan program KSPN (Kawasan Strategis Pariwisata Nasional ), yang dicanangkan Presiden RI Joko Widodo.

“Pelaksanaan festival yang dilaksanakan di lokasi Wisata Kuburan di Atas Pohon, Lumban Sijabat Tomok, perlu dilestarikan untuk memikat wisatawan berkunjung kesini,” sebut Ningar Sinaga.

Ketua FOKUWS terpilih Luhut Sijabat, saat diwawancarai wartawan, mengucapkan terima banyak kepada Bupati Samosir, Ketua DPRD Samosir, Kajari Samosir, Tim Media Delegasi Medan, Kapolsek Simanindo, Danramil Simanindo, Camat Simanindo, yang turut serta ikut memberikan sumbangsih dan pikiran untuk kegiatan ini.

Dia juga mengatakan, setelah berdiskusi dengan para tokoh dan masyarakat setempat, meminta kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka mempromosikan wisata Samosir.

“Jadi agenda kita kedepan adalah akan bekerjasama dengan seluruh stakeholder pariwisata yang ada di Kecamatan Simanindo melakukan event-event yang memajukan pariwisata,” ungkap Luhut Sijabat.

Adapun pengukuhan pengurus FOKUWS yang baru adalah Ketua Luhut Sijabat, Sekretaris Parlindungan Tinambunan, Bendahara Pardamean sidabalok, Pelindung Harry Bos Sidabutar, Kapro Sidabutar, Penasihat Paham Gultom, Haposan Sidauruk, Kontroversinews Herbin Sinaga, Clara Br.Ambarita, Poltak Rumah Horbo.(sawangin/hm01)

Related Articles

Latest Articles