17.6 C
New York
Friday, May 17, 2024

Penganugerahan Desa/Kampung Wisata Terbaik KSW 5.0, Taput Raih Juara 3

Taput, MISTAR.ID

Bupati Tapanuli Utara (Taput) Dr. Drs. Nikson Nababan didampingi Kadis Pariwisata, Sasma Situmorang hadiri malam puncak Penganugerahan Desa/Kampung Wisata Terbaik KSW 5.0, di mana Taput Raih Juara 3 Kategori Kelembagaan Program Kampanye Sadar Wisata Kawasan Pedesaan Berbasis Geowisata Pulau Sibandang, bertempat di Ciputra Artpreneur Jakarta, Minggu (26/11/2023).

Adapun kawasan pedesaan yang dimaksud mendapat nominasi, berasal dari Kabupaten Taput, yakni Desa Sibandang dengan program karakteristik cagar budaya dan geosite, Desa Papande dengan karakteristik tenun ulos dan Desa Sampuran dengan karakteristik Atraksi Budaya.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.

Baca juga; Kampung Warna-warni Tigarihit Masuk 50 Desa Wisata Terbaik 2022, Sandiaga Uno: Selamat!

Switno Rajagukguk Ketua Pokdarwis Pulo Sibandang, Bobby Rajagukguk Sekretaris Pokdarwis Pulo Sibandang dan Mardiana Panggabean Bendahara Pokdarwisma Pulo Sibandang naik ke atas panggung untuk menerima penghargaan dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dalam sambutannya mengapresiasi Kepala Daerah yang berkomitmen mendukung pengembangan desa wisata. Sandi Uno berharap para kepala daerah semakin kuat berkomitmen dalam membangun desa.

“Semoga para pemenang semakin berkualitas membangun wisata berkelanjutan. Semoga para kepala desa semakin bersemangat mendukung BUMDesa wisata,” katanya.

Baca juga: Destinasi Toyapakeh, Kampung Muslim Terkecil di Nusa Penida Bali

Lebih lanjut Sandiaga Uno menyampaikan harapannya agar semua 65 Desa Wisata terbaik untuk siap berkolaborasi untuk membawa Indonesia menjadi destinasi wisata unggulan.

“Penghargaan Kampanye Sadar Wisata 5.0 ini adalah kepada 65 Desa Wisata yang tersentuh program Kampanye Sadar Wisata dan upaya kami untuk membawa sebuah perubahan positif demi mewujudkan desa wisata yang berkualitas . Pada tahun 2022 kita mulai, tidak terasa sudah 2 tahun, dimulai dengan sosialisasi sadar wisata, pelatihan dengan topik Inovasi Produk, Kapasitas Bidang Parekraf dan Kewirausahaan juga penyusunan proposal pengembangan desa wisata, ada yang mendapatkan pendampingan penilaian dan penghargaan malam ini serta sebagai apresiasi tahap akhir,” ujarnya.

Ia berharap bahwa Kampanye Sadar Wisata 5.0 ini akan membangun ketangguhan dan ketahanan dari unit terkecil dari wisata di Taput ada di desa-desa wisata.

Baca juag: Destinasi Wisata Warisan Budaya Batak: Kampung Ulos Hutaraja

“Dan Terima kasih kepada seluruh penggerak Desa Wisata yang telah memberikan inspirasi bagi kita. Saya harap Kerjasama ini terus dilanjutkan dan ditingkatkan lagi dengan pertumbuhan ekonomi lokal melalui Kepariwisataan,” ujarnya lagi.

Ia ingin perjuangan selama ini tidak berhenti tapi terus membangun desa wisata dan menghadirkan kontribusi sumbangsih pemikiran dan komitmen. Saatnya menjawab tantangan dengan peluang.

“Semangat “3 Si” harus digerakkan, yaitu Inovasi , Adaptasi, dan Kolaborasi dan Semangat. Kemudian “3G” Gercep (Gerak Cepat), Geber (Gerak Bersama) dan Gaspol (Garap Semua Potensi) karena kita yakin semua potensi wisata kita ada di desa-desa,” tutupnya.

Bupati Taput Nikson Nababan sendiri menyampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada Panitia, Tim Juri terutama kepada Tim Kemenparekraf dan berterima kasih atas perolehan prestasi tersebut.

Baca juga: Kampung Warna Warni Tigarihit Parapat Berhasil Raih Anugerah Desa Wisata Indonesia 2022

“Puji Syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, atas keberhasilan pencapaian Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara melalui BUMDesMa (Badan Usaha Milik Desa Bersama) Pulau Sibandang  berhasil meraih predikat sebagai terbaik ketiga dari 65 desa yang mendaftar sebagai peserta pada perlombaan bergengsi tersebut, dan selama setahun ini dilakukan Kampanye Sadar Wisata 5.0,” tutur Bupati

Nikson juga menegaskan bahwa prestasi ini sebagai langkah awal untuk berbenah lebih optimal lagi untuk mengelola segala potensi yang ada di Tapanuli Utara khususnya Pulau Sibandang, agar menjadi salah satu destinasi objek wisata unggulan dan favorit.(Pembela Butarbutar/hm17)

Related Articles

Latest Articles