19 C
New York
Monday, May 20, 2024

Pemohon SKCK Membludak, Polres Taput Buka Pelayanan Sampai Malam

Taput, MISTAR.ID

Meningkatnya pemohon Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), Polres Tapanuli Utara (Taput) membuka pelayanan hingga malam hari.

Kasat Intelkam AKP Basuki menjelaskan, peningkatan pemohon SKCK di Polres Taput meningkat hampir 100 persen dari hari-hari biasa. Pelayanan pun dibuka pada tanggal 28 – 30 Desember 2023 dan 2 – 4 Januari 2024.

“Jika hari sebelumnya, jumlah pemohon SKCK 10 hingga 15 orang per hari, untuk 6 hari ini jumlahnya mencapai 100 hingga 150 orang per hari. Untuk bisa melayani jumlah peninggkatan ini, sehingga jam pelayanan di perpanjang hingga pukul 19.00 malam hari,” katanya.

Baca Juga: AKBP Choky Meliala Resmi Jabat Kapolres Simalungun

Ia menjelaskan, Polres Taput membukan layanan permohonan SKCK hingga pukul 19.00 Wib, karena masyarakat yang mengurus SKCK itu datang dari 15 kecamatan.

“Mengingat ada beberapa kecamatan yang jauh dari kantor Polres seperti Kecamatan Garoga, Parmonangan, Pangaribuan, Purba Tua dan Simangumban, tidak wajar mereka itu datang 2 kali ke Polres,” katanya.

Untuk pemohon wanita juga datang dengan membawa bayi mereka, pihak Polres Taput juga memprioritaskan mereka.

Baca Juga: Pengangkatan Guru Tugas Belajar Jadi Kepala Sekolah di Deli Serdang Dinilai Salahi Aturan

Meningkatnya pemohon SKCK ini, menurut Basuki, didominasi kepentingan kelengkapan persyaratan menjadi pegawai PPPK yang baru lulus seleksi di Kabupaten Taput.

“Ditambah lagi di awal tahun banyak yang ingin merantau ke luar daerah untuk mencari pekerjaan. Sedangkan biaya untuk penerbitan kita tetapkan sesuai dengan PNBP (Pendapatan Negara Bukan Pajak) dari Mabes Polri,” pungkas Basuki. (Fernando/hm22)

Related Articles

Latest Articles