22.2 C
New York
Monday, April 29, 2024

Pemkab Taput Kerjasama Sektor Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian dengan IPB

Taput, MISTAR.ID

Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara dan Institut Pertanian Bogor (IPB) menggelar
Penandatanganan nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU), dalam  sektor pendidikan, penelitian dan pengabdian.

Penandatanganan dilakukan Rektor IPB Univetsity Prof Dr Arif Satria dan Bupati Tapanuli Utara, Nikson Nababan, Senin (12/10/20), di Bogor.

Penandatanganan MoU turut disaksikan Rieke Diah Pitaloka, MHum, Anggota Komisi IV DPR RI. Dari Tarutung, Taput, Nikson Nababan didampingi Sekretaris Daerah Indra Simaremare
dan Kepala Bapeda Luhut Aritonang.

Nikson Nababan mengatakan lewat kerjasama ini, Pemkab Tapanuli Utara mampu untuk membangun sebuah sistem, yang bisa menjadi acuan rencana pembangunan tingkat desa sampai pusat.

Baca juga: Positif Covid-19, Satu Keluarga Isolasi Mandiri di Taput

“Visi-misi saya adalah membangun Tapanuli Utara dimulai dari desa. desa kuat, maka kota
akan kuat. Saya berharap program data desa ini bisa dimulai awal November nanti dan Tapanuli Utara menjadi pilot project-nya,” kata Nikson.

Rektor IPB University, Prof Arif Satria mengungkapkan, kerjasama IPB University dengan
Pemkab Tapanuli Utara merupakan momen untuk memanfaatkan inovasi yang dihasilkan IPB University untuk masyarakat dan daerah.

“Data desa presisi misalnya, sangat berguna untuk meningkatkan akurasi data sebagai dasar bagi perencanaan pembangunan desa. Kita berusaha menghasilkan perencanaan yang berkualitas. Akurasi data menjadi keniscayaan. Apabila data bermasalah, maka jangan berharap pembangunan akan berjalan dengan baik. IPB University saat ini terus berkolaborasi dengan pemerintah pusat maupun daerah untuk mensosialisasikan pentingnya program data desa presisi ini,” ujar Prof Arif.

Anggota Komisi IV DPR Fraksi PDIP Rieke Diah Pitaloka, mengatakan, saat ini kebijakan
pembangunan harus dibangun berdasarkan paradigma science based policy. Perguruan tinggi dalam hal ini sebagai center of excellence, di mana kebijakan harus berpijak pada hasil riset perguruan tinggi.

Baca juga: Bupati Taput Tinjau Pembukaan Jalan Usaha Tani di Pahae Jae

“Penemuan di IPB University sudah banyak dan luar biasa. Saya yakin itu akan sangat
dibutuhkan oleh Indonesia. Semua yang sudah dihasilkan, kita akan perjuangkan untuk dapat menjadi landasan kebijakan pembangunan di segala bidang baik di pemerintah pusat dan daerah,” tutur Rieke.(Jan/hm07)

Related Articles

Latest Articles