15 C
New York
Sunday, April 28, 2024

Pemkab Samosir Terima Penghargaan UHC Awards 

Samosir, MISTAR.ID

Pemerintah Kabupaten Samosir menerima penghargaan Universal Health Coverage (UHC) Award atas keberhasilan Pemkab Samosir mencapai cakupan semesta jaminan kesehatan dengan pemberian BPJS kepada masyarakat Kabupaten Samosir.

Penghargaan UHC diberikan langsung oleh Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin, bersama para Menteri dan Ketua Dewan Jaminan Sosial Nasional yang diterima oleh Bupati Samosir, Vandiko Gultom,  Selasa (14/3/23) di Balai Sudirman,  Jakarta, yang bertajuk “Wujud nyata komitmen pemda dalam mendukung program jaminan kesehatan nasional bagi masyarakat Indonesia”.

Wakil Presiden Republik Indonesia, Ma’ruf Amin memberikan penghargaan kepada Provinsi, Kabupaten dan Kota yang telah mendukung Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) sebagai program strategis nasional dengan mendorong terwujudnya Cakupan Kesehatan Semesta atau Universal Health Coverage (UHC) di Indonesia.

Baca juga:Pemkab Rayakan HUT ke 19 Kabupaten Samosir

Bupati Samosir, Vandiko Gultom mengungkapkan pencapaian UHC di Kabupaten Samosir merupakan bukti komitmen mewujudkan visi-misi yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan Cabang Pematang Siantar di mana Pemerintah Kabupaten Samosir, mencapai cakupan semesta jaminan kesehatan atau Universal Health Coverage yang terhitung sejak awal tahun 2023, telah terdaftar sebanyak 139.048 jiwa (97,7%) sebagai peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dari total jumlah penduduk Kabupaten Samosir sebanyak 142.318 jiwa.

Ia menegaskan akan memastikan seluruh penduduk Kabupaten Samosir memiliki BPJS sehingga dapat mengakses fasilitas kesehatan serta meningkatkan mutu layanan di fasilitas kesehatan.

Baca juga:Operasi Keselamatan Toba 2023 di Samosir Bersifat Terbuka

“Dengan telah tercapainya UHC di Kabupaten Samosir maka fasilitas kesehatan juga harus kian optimal dalam melayani. Kedepan kami akan terus memastikan seluruh penduduk Kabupaten Samosir tetap terjamin akses layanan kesehatannya melalui Program JKN,” sebutnya.

Tidak lupa,  Vandiko mengimbau masyarakat Samosir peserta BPJS Mandiri untuk membayar iuran rutin dan tepat waktu setiap bulannya.(josner/hm06)

 

Related Articles

Latest Articles