18.8 C
New York
Tuesday, May 14, 2024

Pemkab Langkat Terima Penghargaan Penyaluran Dana Desa Terbaik ke-3 se-Sumut

Langkat, MISTAR.ID

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Langkat menerima penghargaan terbaik ketiga dalam Penyaluran Dana Desa se-Sumatera Utara (Sumut). Penghargaan terbaik pertama dan kedua masing-masing jatuh pada Pemkab Asahan dan Karo.

Penghargaan tersebut diterima Plt Bupati Langkat Syah Afandin saat menghadiri penyerahan secara Digital Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Buku Alokasi Tunjangan Kinerja Daerah (TKD) Tahun Anggaran 2024 Provinsi Sumatera Utara, di Hotel Santika Dyandra Medan, Rabu (13/12/23).

Penyerahan DIPA dan Buku Alokasi TKD Tahun Anggaran 2024 Provinsi Sumatera Utara secara digital ini mendukung Peraturan Presiden nomor 95 tahun 2018 tentang sistem pemerintahan berbasis elektronik.

Baca Juga: Longsor di Kecamatan Parmonangan, Warga Gotong-Royong Bersihkan Jalan

Penyerahan DIPA secara manual pada tahun sebelumnya memiliki 12 tahapan sedangkan penyerahan DIPA secara digital hanya butuh 4 tahapan.

Hal ini berdampak baik terhadap kemudahan dan kenyamanan pengguna dalam proses penandatanganan dokumen, efisiensi anggaran cetak dan pengiriman serta peningkatan keamanan data.

Kepala Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sumatera Utara, Mirza Effendi menjelaskan, selama kurun waktu tahun 2019 hingga penghujung 2023, di Sumut, APBN masih menjadi instrumen yang diandalkan dalam menghadapi berbagai gejolak seperti pandemi serta kenaikan harga energi dan pangan.

Baca Juga: Mantan Pangulu Ditahan Jaksa, Camat Panei Ingatkan Dana Desa Dikelola Transparan

“Sampai dengan akhir November 2023, belanja negara di Provinsi Sumatera Utara sudah terealisasi sebesar Rp59,3 triliun atau 89,4,5% dari pagu yang ditetapkan. Sedangkan penerimaan negara sudah sebesar Rp33,44 triliun atau 84,63% dari pagu dan target penerimaan yang ditetapkan,” jelasnya melalui keterangan tertulis yang diterima Kamis (14/12/23).

Tahun 2024 adalah tahun terakhir Kabinet Indonesia Maju, lanjut dia, namun APBN akan terus mendukung transformasi ekonomi yang eksklusif dan berkelanjutan menuju Indonesia maju dengan terus membangun pondasi kualitas sdm infrastruktur dan reformasi lainnya.

Pj Gubernur Sumatera Utara Hasanuddin menyerahkan DIPA dan TKD Tahun Anggaran 2024 secara digital kepada Bupati dan walikota se Sumatera Utara. (Endang/hm22)

Related Articles

Latest Articles