Pelanggan KA PSO Sumut Meningkat 28 Persen, Kini Mencapai 1.776.367
![journalist-avatar-top](/_next/image?url=%2Fimages%2Fdefault-avatar.png&w=64&q=75)
![pelanggan_ka_pso_sumut_meningkat_28_persen_kini_mencapai_1776367](/_next/image?url=https%3A%2F%2Ffiles-manager.mistar.id%2Fuploads%2FMISTAR%2F13-02-2025%2Fpelanggan_ka_pso_sumut_meningkat_28_persen_kini_mencapai_1776367_2025-02-13_13-51-50_819.jpg&w=1920&q=75)
Para penumpang KA di Stasiun KAI Medan. (f:adil/mistar)
Medan, MISTAR.ID
Manajer Humas Kereta Api Indonesia (KAI) Divisi Regional (Divre) I Sumut, Anwar Solikhin mengungkapkan, pelanggan Kereta Api (KA) Public Service Obligation (PSO) mencapai 1.776.367.
Anwar juga mengatakan jika capaian penumpang KA PSO di Sumut, mengalami peningkatan sebanyak 28 persen dibandingkan pada tahun 2023.
"Penumpang KA PSO tahun 2023 sebanyak 1.388.350. Namun pada Januari 2025, pelanggan KA PSO tercatat 161.191 dan dibandingkan Januari 2024 sebanyak 155.231 penumpang," ujarnya, pada Kamis (13/2/25).
KAI bersama Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan (Kemenhub), tetap menyediakan sejumlah KA PSO jarak jauh dengan tarif yang terjangkau, di berbagai rute khususnya di wilayah Sumatera.
"Pilihan KA tersebut memberikan akses mobilitas lebih luas untuk masyarakat Sumut dan merupakan transportasi bersubsidi," ucapnya.
Adapun beberapa rute KA PSO jarak jauh dan jarak dekat dengan harga sangat terjangkau tersedia di wilayah Sumut yaitu KA Putri Deli rute Medan-Tanjung Balai PP, KA Siantar Ekspres rute Medan-Siantar PP, dan KA Datuk Belambangan rute Tebing Tinggi-Lalang PP.
KA PSO, kata Anwar, turut mendukung pertumbuhan ekonomi di daerah-daerah yang dilaluinya serta membuka peluang usaha bagi masyarakat sekitar.
"Mulai dari pekerja, pelajar hingga pelaku usaha kecil menerima dampak sosial positif bagi masyarakat luas. Sehingga KA PSO membantu masyarakat dengan bepergian dan tarifnya yang sangat murah," katanya. (berry/hm27)
![journalist-avatar-bottom](/_next/image?url=%2Fimages%2Fdefault-avatar.png&w=256&q=75)