23.4 C
New York
Monday, April 29, 2024

Pekerjaan Aspal Hotmix Saat Hujan, Dinas PUTR Dairi: Jika Tidak Sesuai Spesifikasi, Dibongkar!

Sidikalang, MISTAR.ID

Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Kabupaten Dairi akan segera memeriksa hasil pekerjaan aspal hotmix di Sidikalang, yang diduga dilaksanakan saat hujan deras.

Kepala Bidang Jalan dan Jembatan Dinas PUTR Dairi, Makarios Sagala, menegaskan, pihaknya akan mengambil sampel di lapangan untuk dilakukan pengujian kualitas, mutu dan ketebalan aspal hotmix lapis pertama.

“Sampel di lapangan akan segera diambil untuk dilakukan pengujian mutu, kualitas dan ketebalan di laboratorium sebelum pekerjaan lapis kedua asphalt course (ac)- wearing course (wc). Sebab pekerjaan sekarang masih tahap aspal beton kursus pengikat (lapis pertama) asphalt concrete binder course (ac-bc),” kata Makarios, di Sidikalang Senin (23/10/23).

Baca Juga: Hasil Reses DPRD Siantar, Keluhan Masyarakat Dapil III Didominasi Infrastruktur

Makarios menegaskan, jika hasil pemeriksaan ac-bc dimaksud tidak sesuai spesifikasi, hotmix yang terlanjur diampar saat hujan deras akan dibongkar.

Sebelumnya, informasi proses pekerjaan penghamparan aspal hotmix jalan Sidikalang – Berampu, tepatnya di Dusun Juma Sianak, Desa Huta Rakyat, Kecamatan Sidikalang, Kabupaten Dairi, Sumatera Utara, dilakukan saat hujan deras itu, disampaikan sejumlah warga yang sedang melintas di lokasi, Kamis (19/10/23) sekira pukul 14.30 Wib.

Warga tersebut mengatakan, ia melihat pekerjaan penghamparan aspal hotmix dilakukan saat hujan deras dan diduga tanpa pemgawasan dari pihak Dinas PUTR Dairi.

Saat itu satu truk aspal hotmix dituangkan ke finisher saat hujan sedang deras-derasnya. Di lokasi terlihat 2 unit Pneumatic Tyre Roller (PTR) sedang melakukan pemadatan di tengah derasnya hujan. Uap tebal menyelimuti lokasi, diduga akibat aspal hotmix disiram air hujan deras.

Selain pemadatan PTR, sebanyak 5 unit truk penganggkut aspal hotmix parkir di lokasi pekerjaan, sembari menunggu hujan reda.

Related Articles

Latest Articles