17.6 C
New York
Tuesday, September 24, 2024

Pejantan Tangguh Karya Disnakkan Humbahas Masuk 10 Besar Inovasi Terbaik

Humbahas, MISTAR.ID

Pelayanan Berkelanjutan Inseminasi Buatan dan Tekan Gangguan Reproduksi dengan Sinkronisasi Birahi (Pejantan Tangguh) merupakan inovasi daerah dari Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas).

Inovasi ini masuk dalam substansi pertama inovasi daerah dari Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan (Bappelitbang) Provinsi Sumatera Utara. Presentasi dan wawancara juga telah digelar di ruang rapat Bappelitbang Sumut Jalan Diponegoro Medan dengan kategori perangkat daerah kabupaten/kota, Selasa (11/6/24).

Presentasi dan wawancara itu diikuti Plh Sekda Humbahas Jaulim Simanullang, Kepala Disnakkan Humbahas Parman Lumbangaol, serta Kepala Bidang Peternakan Basthian TP Sihombing.

Baca Juga : Pemkab Humbahas dan TTM Panen Wortel Nantes di Food Estate, Hasilkan 10 Ton/ha

Dari 226 inovasi kabupaten/kota, Humbahas masuk 10 besar inovasi terbaik. Inovasi ini punya dampak untuk meningkatkan angka kelahiran ternak kerbau dan sapi, meningkatkan mutu genetik ternak termasuk mengatasi kelangkaan pejantan.

Kemudian menekan gangguan reproduksi ternak, mengoptimalkan kinerja petugas inseminator serta meningkatkan pendapatan masyarakat. Kelahiran ternak hasil inseminasi buatan dari tahun 2022-2023 sebanyak 180 ekor ternak kerbau dan sapi serta ternak bunting 60 ekor yang diprediksi lahir di 2024 ini. (mian/hm24)

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles