16.3 C
New York
Wednesday, September 11, 2024

Pedagang Ikan di Badan Jalan Ahmad Dahlan Sibolga Dikeluhkan Pengendara

Sibolga, MISTAR.ID

Sejumlah pedagang ikan basah yang menggunakan badan Jalan Ahmad Dahlan, Kelurahan Aek Manis, Kota Sibolga membuat pengguna jalan, tak bisa melintasinya. Kondisi ini telah berlangsung bertahun tahun. Bahkan, kondisi badan jalan yang dibangun dengan ‘rigid beton’ itu nampak mulai rusak yang diduga akibat banyaknya air asin yang tumpah di badan jalan.

Pantauan di lokasi, Rabu (11/9/24), selain para pedagang ikan yang menggunakan badan jalan, sejumlah becak motor (betor) yang hilir mudik mengangkut ikan menyulitkan para pengguna jalan lainnya untuk melintas.

Tak hanya itu, sesekali mobil truk pengangkut es batangan dan juga mobil pengangkut ikan sesuka hatinya menggunakan badan jalan untuk bongkar es dan bermuat ikan basah.

Parahnya lagi, saat hari Minggu, para warga yang menggunakan pesta pernikahan yang menggunakan badan jalan dan berdekatan dengan lokasi tersebut, membuat pengguna jalan tak tahu mencari jalan alternatif, karena badan Jalan Ahmad Dahlan tak bisa dilintasi.

Baca Juga : Jalan Provinsi di Kelurahan Aek Parombunan Sibolga Makin Parah

“Kita masih menunggu janji Wali Kota untuk merelokasi para pedagang ikan basah ini, agar bisa dilintasi. Kita ketahui badan jalan ini sangat perlu digunakan pengguna jalan, karena hampir semua badan jalan di sekitar sini sudah macet. Apalagi saat hari Minggu, dimana sebagian warga juga menggunakan badan jalan untuk pesta,” ucap B Lubis, warga Kelurahan Aek Manis.

Sebelumnya, Wali Kota Sibolga Jamaluddin Pohan berjanji akan membebaskan badan jalan tersebut dari para pedagang ikan basah dan memindahkannya ke Pasar Ikan Modern yang tak jauh dari lokasi tersebut pada akhir Juli yang lalu.

Namun, sesuai janji Direktur BUMD Irwansyah Simanjuntak yang akan mengelola Pasar Ikan Modern dan direncanakan beroperasi pada awal Agustus, hingga kini belum juga dioperasikan. “Kita masih melakukan pembenahan dan menginventaris para pedagang ikan yang akan direlokasi dari badan jalan Ahmad Dahlan,” kata Irwansyah beberapa waktu lalu. (poltak/hm24)

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles