10.4 C
New York
Sunday, April 28, 2024

PD Agromadear dan DLH Gali Potensi PLTMH di Simalungun

Simalungun, MISTAR.ID

Perusahaan Umum Daerah (PD) Agromadear dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Simalungun, melakukan roadshow dalam rangka pencarian potensi Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) di Kabupaten Simalungun, Senin (10/4/23).

Dalam penggalian potensi pembangkit listrik tersebut, Agromadear dan DLH, mengikutsertakan investor untuk meninjau lokasi air terjun, yang terdapat di Nagori Buntu Turunan, Kecamatan Hatonduan, Kabupaten Simalungun, dengan pendampingan Kepala Dusun setempat.

Saat di lokasi, Direktur PD Agromadear Tri Dharma Sipayung, mengatakan bahwa pihaknya saat ini masih tahap mensurvei lokasi yang akan dijadikan tempat pembangnan proyek PLTMH.

Baca Juga:Tuntut Hak Pengusaha dan Pekerja Lokal, Puluhan Warga Demo PLTMH PT SKB di Sipoltong Dairi

“Untuk saat ini kita masih mensurvei aliran-aliran air yang memiliki debit yang tinggi,” ucap Tri Dharma Sipayung, didampingi Kepala Bidang Tata Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup Simalungun, Anju Haloho.

Sementara itu, Kepala Bidang Tata Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup Simalungun Anju Haloho, menerangkan bahwa kegiatan PLTMH di Simalungun yang saat ini eksisting, ada Karai 13 dengan Kapasitas 8 MW, yang berada di Nagori Bongguran Kariahan, Kecamatan Raya.

Kemudian ada juga PLTMH Karai 7 dengan Kapasitas 6,65 MW, yang berada di Silou Kahean, dan juga PLTMH di Hatonduhan. Data tersebut sesuai dengan RTRW Simalungun.

Anju Haloho mengatakan, saat ini ada rencana pengembangan di beberapa kecamatan di Simalungun, sehingga dilakukan survei bersama.

Baca Juga:Tak Kantongi Izin, Pembangunan PLTMH Lae Ordi Hulu Terus Berlanjut

Untuk rencana pihak investor sendiri ingin membangun dengan kapasitas 10 MW. Kegiatan ini menurut DLH mendukung pembangunan yang berwawasan lingkungan di Kabupaten Simalungun dalam sektor kelistrikan.

“Untuk hari ini kita sudah mensurvei 2 lokasi, yakni di Hatonduhan dan di Kecamatan Raya,” ucap Anju Haloho.

Sementara pihak Investor yang berasal dari Cina Bapak Carles mengatakan tertarik setelah melakukan survei, dirinya mengatakan akan melakukan kajian sebelum pembangunan proyek.

Baca Juga:8 Ranperda Simalungun Ditetapkan Jadi Perda, Termasuk Penyertaan Modal PD Agromadear

“Hari ini kita survei dan kita berniat membangun proyek PLTMH, semoga bisa bermanfaat bagi masyarakat,” ucap Carles yang didampingi teknikal dari PT Bakkara Energi Lestari.

Camat Pematang Raya Septi Purba mengaku senang dengan hadirnya investor di wilayahnya. Diakuinya, kehadiran investor begitu banyak bermafaat bagi masyarakat, seperti bertambahnya lapangan pekerjaan, manambah pajak, serta masyarakat juga bisa menikmati CSR dari perusahaan milik investor tersebut. (Roland/hm01)

Related Articles

Latest Articles