19 C
New York
Saturday, September 28, 2024

P2KD Tetapkan Nomor Urut Tiga Cakades Pandan

Sidikalang,MISTAR.ID

Calon Kepala Desa (Kades) incumbent Samta Sembiring mendapat nomor urut 2, Marolop Sihombing nomor urut 1 dan Thomas Sembiring nomor urut 3 dari tiga bakal calon Kepala Desa Pandan Kecamatan Siempat Nempu Hulu (Sinehu) Kabupaten Dairi, yang ditetapkan pada tahapan penetapan dan pengundian Cakades di Kantor Panitia Pemilihan Kepala Desa (P2KD) Kantor Desa Pandan, Rabu(11/10/23).

Setelah proses penetapan dan pengundian nomor urut masing-masing cakades, Samta Sembiring mengaku optimis dimenangkan masyarakat, sesuai rencana program pembangunan masyarakat Desa Pandan yang sebelumnya dia programkan di kepemimpinan periode pertama menjabat.

“Yakin dan dan percaya masih dipercayakan masyarakat untuk memimpin Desa Pandan untuk membawa Desa Pandan ke arah lebih maju dan sejahtera,” ujarnya.

Penetapan dan pengundian nomor urut Cakades Pandan berjalan aman dan lancar, dihadiri Kapolsek Tigalingga AKP SP Siringoringo, Camat Sinehu Koko Angkat, Koramil 04 Tigalingga, BPD Pandan, para tokoh masyarakat, adat, agama dan tokoh pemuda.

Baca Juga : Sengketa Pilkades, Warga Desa Palipi Silima Punggapungga Dairi Unjuk Rasa

Kapolsek Tigalingga AKP SP Siringoringo dalam sambutannya, berharap dan mengajak para cakades agar saling menjaga kekondusifan dalam perhelatan demokrasi. Dia meminta jangan saling membangun isu pembusukan diantara sesama calon, serta menghasut, yang berdampak terhadap keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas)

“Silahkan demokrasi berjalan, dan warga bebas menentukan pilihannya. Sebab kalian dipilih bukan untuk siapa yang lebih jago, tetapi dipilih sebagai pemimpin yang terbaik,” ujarnya.

Hal yang sama juga disampaikan Camat Sinehu Koko Angkat. Dia mengimbau P2KD supaya netral, sebagaimana menjalankan proses Pilkades serentak di 22 desa di 11 Kecamatan se-Dairi.

“Pedomani peraturan daerah dan peraturan bupati. Bila menyimpang dari pedoman tersebut, kita pastikan P2KD pemicu ketidak tentraman di tengah masyarakat dan merusak citra demokrasi,” ucapnya.

Baca Juga : 9 Perempuan dan 97 Laki-laki Pemenang Pilkades Serentak 2021 Dairi, Ini Nama-namanya

Acara tersebut dirangkai deklarasi damai Pilkades, dibacakan ketiga Cakades secara serentak. Para Cakades mengaku siap mengikuti rangkaian sesuai dengan ketentuan berlaku, serta tidak membangun isu-isu berbau sara ditengah masyarakat.

Kemudian melakukan kampanye yang baik, bekerja sama dengan Forkopimca menjaga Kamtibmas. Siap menang dan siap kalah. Menggalakkan pemilihan demokratis dan transparan, jujur adil dan bermartabat, serta siap menerima sanksi dalam pelanggaran.

Ketua P2KD Alexander Tarigan menambahkan, sejak tahapan Pilkades Pandan berjalan, diakuinya tidak ada hal-hal yang mencurigakan dari para calon. “Kekondusifan di tegah masyarakat masih tetap berjalan aman,” pungkasnya. (manru/hm24)

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles