13.6 C
New York
Thursday, May 2, 2024

Operasi Patuh Toba di Asahan, Pelajar SMP Kena Tilang Teguran

Asahan, MISTAR.ID

Operasi Patuh Toba 2022 digelar serentak di wilayah hukum Polda Sumatera Utara pada tanggal 13 Juni-26 Juni. Pada hari kedua operasi, Selasa (14/6/22), personel Satuan Lalu Lintas Polres Asahan mendapati anak di bawah umur mengendarai sepeda motor.

Dua remaja yang masih duduk di bangku SMP ini, selain mengendarai sepeda motor, juga tidak mengenakan helm. Mereka tampak ketakutan saat diberhentikan polisi di persimpangan Pos Pelayanan Sat Lantas Pangkal Titi Kisaran.

“Mau kemana Dek? Kenapa bawa sepeda motor begini tidak pakai helm pula,” tanya seorang personel Sat Lantas kepada keduanya saat diberhentikan. Para pelajar tersebut tidak bisa menjawab. Polisi kemudian memberikan tilang teguran.

Baca Juga:Operasi Patuh Toba di Asahan Digelar, 8 Pelanggaran Ini Jadi Prioritas

Operasi Patuh Toba mengusung tema tertib berlalu lintas menyelamatkan anak bangsa. Petugas mengedepankan pemberian edukasi secara simpatik dan humanis kepada pengguna jalan.

“Hari kedua Operasi Patuh Toba ini kita lebih kepada sosialisasi ke pengguna jalan. Masih banyak kami dapati pengendara yang tidak patuh, seperti tadi berkendara bonceng tiga atau anak di bawah umur menggunakan sepeda motor,” kata Kanit Turjawali, Satlantas Polres Asahan, Ipda Syamsul kepada wartawan.

Syamsul menerangkan, pada hari kedua Operasi Patuh Toba, pihaknya lebih banyak mengeluarkan tilang teguran kepada pengendara yang terjaring.

Amatan wartawan pada razia ini, petugas kepolisian terlebih dahulu memasang plang razia. Banyak pengendara yang tidak lengkap dokumen kendaraannya memilih berhenti menunggu razia selesai digelar atau melakukan putar arah mencari jalan lain agar tidak ditilang. (perdana/hm14)

Related Articles

Latest Articles