21.2 C
New York
Tuesday, May 21, 2024

Musyda XIII Muhammadiyah Asahan Bakal Pakai E-Voting

Asahan, MISTAR.ID

Salah satu agenda penting dari Musyawarah Daerah (Musyda) XIII Muhammadiyah dan Aisyiyah Asahan yang bakal digelar pada 23-25 Juni 2023 mendatang yakni memilih pucuk pimpinan daerah Muhammadiyah yang akan diamanahi tanggung jawab selama lima tahun ke depan.

Untuk diketahui, Panitia Pemilihan (Panlih) Musyda XIII Muhammadiyah Asahan saat ini sudah menetapkan 21 orang bakal calon pimpinan yang nantinya akan dipilih oleh pemilik hak suara. Menariknya, proses pemilihan nanti akan menggunakan voting elektronik (e-voting).

“Karena pertama kali (sistem e-voting) ini, maka infrastrukturnya harus kami persiapkan dengan baik. Kami bekerjasama dengan Tim E-Voting dari Amal Usaha Muhammadiyah di Medan,” kata Fachri Mizan selaku Sekretaris Pemilihan kepada wartawan, Minggu (18/6/23).

Baca juga : PDM Asahan Ajak Warga Persyarikatan Sukseskan Musyda ke-XIII Muhammadiyah dan Aisyiyah

Sebelumnya, Panlih telah menerima nama 53 orang yang diusulkan hingga ditetapkan 21 orang bakal calon pimpinan Muhammadiyah yang nantinya akan dipilih peserta Musyda.

“Karakter calon juga heterogen, ada ulama, praktisi, akademisi, golongan tua, golongan muda dan ada perempuan, nantinya para calon akan diumumkan pada saat registrasi peserta,” sebutnya.

E-Voting, kata Fachri, sebagai langkah berkemajuan sesuai dengan tema Musyda XIII Muhammadiyah Asahan yakni “Memajukan Asahan, Mencerahkan Sumatera Utara”.

Baca juga : Musda Muhammadiyah Asahan Digelar 24 Juni 2023

Nantinya, sistem E-Voting ini akan mengefisiensikan waktu pemilihan lebih dari 50%. Diperkirakan pemilihan akan selesai paling lama 2 jam. Kepada para peserta pun nanti akan disosialisasikan tata cara pemilihannya agar tidak terjadi kesalahan.

Fachri pun sekaligus mengkonfirmasi bahwa sampai saat ini Panitia Pemilihan belum pernah mengumumkan nama-nama calon ke publik.

“Jadi jika ada nama-nama calon yang mulai beredar melalui media sosial, kami pastikan dari panitia pemilihan itu bukan dari sumber resmi,” ujarnya.

Baca juga : Sholat Id Warga Muhammadiyah di Asahan, Jemaah Membludak

Terpisah, Sekretaris Panitia, Hazlansyah Ramelan mengatakan persiapan Musyda XIII Muhammadiyah dan Aisyah sudah 80 persen. Puncak kegiatan pada hari Sabtu (24/6/23) pagi akan digelar pawai taaruf diperkirakan akan dihadiri 3 ribu orang.

Pelaksanaan Musyda digelar di desa Lubuk Palas Kecamatan Silau Laut. Pada pawai taaruf nantinya dan acara pembukaan kegiatan tersebut, bakal dihadiri pimpinan wilayah Muhammadiyah Sumut dan Forkopimda Asahan. (perdana/hm18)

Related Articles

Latest Articles