13.8 C
New York
Sunday, May 5, 2024

Miris! Usai Banjir Warga Kembali Buang Sampah ke Saluran Sungai di Deli Serdang

Deli Serdang, MISTAR.ID

Pasca banjir yang melanda Kelurahan Syahmad, Kecamatan Lubuk Pakam, Kabupaten Deli Serdang, warga masyarakat daerah itu kembali membuang sampah ke saluran pembuang Sungai Kualanamu. Padahal, sungai yang tak jauh dari pemukiman warga terdebut kerap
meluap jika terjadi hujan deras.

“Saya juga geram kali ada warga yang membuang sampah ke saluran pembuang sungai. Hari ini sedikit, tapi besok dan seterusnya pasti kembali menumpuk seperti sebelumnya. Sampah itu kan membuat aliran sungai menjadi tidak lancar. Ini juga salah satu penyebab banjir. Kalau sudah banjir seperti sebelumnya, rumah kita juga yang tergenang,” kata Ahmad Yani, salah seorang warga setempat kepada MISTAR.ID, Kamis (15/12/22).

Untuk itu, Ahmad Yani meminta kepada warga agar tidak lagi membuang sampah sembarangan. Apalagi ke aliran sungai.

Baca juga: Polsek Namorambe Imbau Warga Tidak Buang Sampah di Sungai

“Kalau kita sendiri membuang sampah kealiran sungai, kan sama saja kita yang mengundang bencana. Kita juga harus ikutlah berperan menjaga agar sungai tetap bersih, bukan malah mengotori,” tegasnya dengan nada kesal.

Mendapat kabar tersebut, Camat Lubuk Pakam Budi Pane langsung memerintahkan petugas kebersihan untuk mengangkat sampah yang dibuang di saluran pembuang.

“Saya sudah perintahkan petugas kebersihan untuk mengangakat sampah tersebut,”papar Budi Pane, seraya meminta warga agar tidak membuang sampah ke saluran atau sungai.

Sebenarnya, tambah Budi Pane, petugas kebersihan Kecamatan Lubuk Pakam sudah terjadwal mengangkut sampah warga. Namun dia menyesalkan ada saja warga yang membuang sampah sembarangan. Untuk itu, mantan Camat Patumbak ini meminta warga ikut aktif menjaga kebersihan lingkungan.(rinaldi/hm09)

Related Articles

Latest Articles