19 C
New York
Monday, October 7, 2024

Miris! Begini Kondisi Ruang Kelas SDN 100420 Cabang Sialang Napa Desa Singanyal

Paluta-MISTAR.ID

Siswa Sekolah Dasar Negeri (SDN) 100420 cabang Sialang Napa Desa Singanyal, Kecamatan Dolok, Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) saat ini harus mengikuti proses pembelajaran di ruang kelas yang sangat tidak layak.

Bangunan sekolah ini sudah mirip dengan kandang hewan ternak karena tidak pernah mendapat perhatian dari Dinas Pendidikan (Disdik) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Paluta.

Dengan kondisi yang memprihatikan tersebut, ruang kelas belajar masih dipaksa menampung 40 siswa. Mirisnya lagi, mulai dari kelas satu hingga kelas enam, semuanya belajar di ruangan yang sama.

Baca Juga: Demo ke Kantor Bupati Paluta, Warga Huta Raja Minta Kades Mereka Dicopot

Kondisi atap bangunan saat ini sudah jebol dan berlobang karena kayu penyangga lapuk. Dinding ruangan juga terlihat lobang menganga sehingga nyaris seluruh kegiatan di dalam kelas bisa terlihat dari luar.

Keadaan itu diperparah lagi, karena salah satu sudut bangunan yang jebol persis menghadap ke jurang yang berkedalaman kurang lebih 50 meter. Ruangan tersebut juga hanya berlantai tanah.

Sinta, salah satu siswa kelas 6 saat ditemui di sekolah, Kamis(24/8/24) mengatakan, kondisi ruang kelas itu membuat mereka tidak lagi nyaman belajar. Selain itu, dia juga khawatir jika tiba-tiba ruangan itu roboh.

Baca Juga: Kabupaten Batu Bara Juara Umum di Jambore Dasawisma Sumut

Hal senada diungkapkan Dedy Dores Ritonga, salah seorang guru honor yang sudah dua tahun mengajar di sana.

“Saya sudah dua tahun mengajar di sekolah ini, kondisi bangunan ruang belajar sudah rusak dan cukup tidak nyaman dalam proses belajar mengajar,” katanya. (Hotma/hm22)

Related Articles

Latest Articles