14.5 C
New York
Wednesday, May 1, 2024

Manasik Haji Diharapkan Bisa Melahirkan Generasi Emas Religius

Deli Serdang,MISTAR.ID

Bupati Deli Serdang,H.Ashari Tambunan menegaskan, penyelenggaraan Manasik Haji Akbar Kabupaten Deli Serdang yang dilaksanakan Ikatan Guru Diniyah Takmiliyah (IGDT) daerah itu memberi pendidikan spiritual keagamaan kepada anak-anak. Juga diharapkan dapat melahirkan generasi emas yang religius.

Pesan tersebut disampaikan Bupati H Ashari Tambunan dalam sambutannya di acara Manasik Haji Akbar ke-10 IGDT Kabupaten Deli Serdang, Minggu (12/2/23) di Alun-alun Pemkab Deli Serdang yang diikuti sekitar 5.000 peserta.

Dikatakan Ashari Tambunan, esensi manasik haji tidak hanya untuk memperkenalkan rukun Islam kelima dan tata pelaksanaannya. Namun juga memberi pengetahuan,sekaligus menanamkan tentang nilai-nilai tauhid dan syariat.

Baca juga:IGRA Siantar Gelar Manasik Haji Cilik

“Sehingga di usia dini telah tertanam pada mereka tentang bagaimana pelaksanaan ibadah haji dan diharapkan dapat menjadi pendorong untuk mereka melaksanakan ibadah haji pada saatnya nanti,” kata Ashari Tambunan.

Atas nama Pemkab Deli Serdang, Ashari Tambunan menyampaikan terima kasih kepada IGDT Deli Serdang yang telah menginisiasi terselenggaranya manasik haji Madrasah Diniyah Takmiliyah (MDTA) tersebut.

Sementara itu, Ketua IGDT Deli Serdang, H Khairul Anwar dalam laporannya mengemukakan,pelaksanaan manasik haji merupakan implementasi dari pembelajaran anak-anak di sekolah. Hal itu adalah pelajaran fiqih haji dan umroh. Manasik haji ini merupakan praktik langsung dari teori yang diterima di kelas.

“Kita berharap cikal bakal anak-anak yang kita berikan ilmu pengetahuan, kita bimbing ibadah mereka, kita tanamkan akhlakul karimah, nantinya bisa menjadi insan-insan yang akan mendukung visi misi Pemerintah Kabupaten Deli Serdang yang maju dan sejahtera dengan masyarakatnya yang religius dan rukun dalam kebhinekaan,” harapnya.

Hal itu,tambah, Ketua IGDT Deli Serdang, tentu tidak bisa terwujud dengan sendirinya tanpa proses yang memang mesti dipersiapkan untuk suksesnya visi misi tersebut.

Baca juga:157 Jemaah Haji Asahan Mulai Ikuti Pembekalan Manasik

“Dari awal bagaimana kami bisa memberikan yang terbaik kepada anak-anak,karena perhatian yang luar biasa dari Pemkab Deli Serdang,” tutur Khairul Anwar.

Hadir pula di acara itu, Kakan Kemenag Deli Serdang, H.Abdul Haris Harahap; Pasiter Kodim 0204/DS, Kapt Inf E Mendorfa; anggota Fraksi Demokrat DPRD Deli Serdang, Wastiana Harahap; Sekdakab Deli Serdang, H Timur Tumanggor; Asissten I Citra Efendi Capah; Kepala Inspektorat, Edwin Nasution ;Kadis Pendidikan, Yudi Hilmawan; Kadis Arsip dan Perpustakaan, Mukti Ali Harahap; Kadis Budporapar, H Khoirum Rizal; Kadis Kominfostan, Dr Hj Miska Gewasari; Kadis Cipta Karya Tata Ruang, Rachmadsyah, Kabag Kesra Syahrul; Ketua MUI, Kyai H Amir Panatagama dan pejabat lainnya.(rinaldi/hm06)

 

Related Articles

Latest Articles