26.9 C
New York
Tuesday, July 16, 2024

Lapas Tebing Tinggi Kurbankan 6 Ekor Hewan di Idul Adha 1444H

Tebing Tinggi, MISTAR.ID

Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Tebing Tinggi pada Hari Raya Idul Adha kali ini melaksanakan pemotongan hewan kurban sebanyak 6 ekor terdiri dari 5 sapi dan 1 kambing.

Dua ekor hewan kurban sapi dan kambing berasal dari pemberian Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham). Yasonna H Laoly. Sementara 1 ekor sapi dari Pemkab Serdang Bedagai (Sergai). Selanjutnya 1 ekor sapi dari patungan beberapa petugas Lapas dan 2 sapi dari Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP).

Kegiatan pemotongan dilakukan setelah melakukan Sholat Idul Adha. Penyembelihan ini dipimpin langsung Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas), Anton Setiawan didampingi para pejabat struktural dan jajaran petugas Lapas, pada Kamis (29/6/23).

Baca juga: Idul Adha 2023, Keluarga Besar Rahmat Shah Berkurban di Taman Hewan Siantar

Dalam sambutannya, Anton menyampaikan rasa syukur dan ucapan terima kasih kepada Menkumham atas bantuannya.

“Hal ini merupakan bentuk wujud kepedulian sesama khususnya kepada warga binaan yang saat ini menjalani pembinaan di Lapas Tebing Tinggi. Dagingnya diserahkan ke dapur untuk diolah dan dibagikan kepada seluruh WBP,” ungkap Anton.

Kalapas juga berharap, agar WBP dapat memaknai Hari Raya Idul Adha sebagai momentum meningkatkan rasa syukur, kesabaran, keikhlasan dan ketakwaan kepada Allah SWT. Juga diharapkan dapat memacu para WBP untuk terus berkelakuan baik dan mengikuti program pembinaan yang diberikan petugas Lapas.

Baca juga: Lembu Kurban Lepas, Warga Beringin Berlarian Ketakutan

“Ada setidaknya 2 hikmah dari pelaksanaan Idul Adha. Di antaranya, keikhlasan untuk berkurban, juga keikhlasan seluruh WBP menjalani (masa) pidananya,” kata Anton.

Kegiatan penyembelihan melibatkan petugas Lapas dan WBP. Secara bersama-sama melakukan melakukan pekerjaan dari menguliti hingga memotong daging kurban. (nazli/hm16)

 

Related Articles

Latest Articles