18.6 C
New York
Monday, April 29, 2024

Lapas Kelas IIB Sidimpuan Bekali Keterampilan Warga Binaan

Padangsidimpuan, MISTAR.ID

Lembaga Pemasyarakatan (lapas) Kelas IIB Padangsidimpuan rutin melakukan pembinaan dalam bentuk keterampilan kepada warga binaan untuk menjadi bekal ketika selesai menjalani masa tahanan, seperti kegiatan pembinaan kemandirian las listrik dan pembuatan rantai jala, Jumat (8/4/22).

Saat ini ada sekitar 15 WBP Lapas Padangsidimpuan yang bekerja di bengkel Bimker (Bimbingan Kerja) yang khusus mengerjakan pengelasan dan pembuatan rantai jala sebagai bekal keahlian bagi mereka.

“Ada 15 warga binaan yang khusus menangani pengelasan dan pengerjaan rantai jala. Setelah mengikuti kegiatan ini diharapkan mereka bisa menciptakan lapangan kerja atau
mencari pekerjaan setelah bebas nantinya,” ucap Kepala Sub Seksi Kegiatan Kerja, Rudi Nasution.

Baca juga: Lapas Kelas IIB Sidimpuan Peringkat III Tenis Meja Smash on Drugs HUT BNN

Beberapa produk pengelasan seperti, tempat tidur, lemari, vas bunga, gerobak dapur, kursi, meja, pagar dan konstruksi lainnya dikerjakan langsung di bengkel kerja lapas dengan pengawasan yang ketat oleh petugas. Dan produk hasil karya warga binaan juga akan dipasarkan secara online dan pihak Lapas juga telah bekerja sama dengan beberapa instansi yang ada di Kota Padangsidimpuan.

Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kelas IIB Padangsidimpuan, Indra Kesuma mengapresiasi ketekunan petugas dalam membina dan membimbing warga binaan tersebut. “Semoga dapat berguna untuk mencari pekerjaan atau membuka usaha pada saat selesai menjalani pidana dan kembali kepada masyarakat, menjadi warga masyarakat yang baik, serta tidak mengulangi perbuatan yang melanggar hukum,” pesannya.

Kalapas Indra Kesuma juga menerangkan, bahwa dasarnya petugas lapas adalah merangkul dan memberi keterampilan pada mereka, sehingga timbul kembali rasa percaya warga binaan. Petugas lapas selalu mengingatkan kepada warga binaan untuk berpikir ulang untuk sebelum melakukan pelanggaran. (asrul/hm09)

Related Articles

Latest Articles