22.5 C
New York
Tuesday, June 25, 2024

Lanal Sibolga Resmikan Pasbel Jadi Kampung Bahari 2023

Sibolga, MISTAR.ID

Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (DanLanal) Sibolga, Letkol Laut (P) Cahyo Pamungkas, diwakili Palaksa Lanal Mayor Mar Indra Maulana Batubara bersama para Forkopimda Sibolga meresmikan Kampung Bahari Nusantara (KBN) TNI AL di Jembatan Kuning, Kelurahan Pasar Belakang (Pasbel), Kecamatan Sibolga Kota, Senin (4/12/23).

Kegiatan tersebut bertemakan ‘Kampung Bahari Nusantara TNI AL Siap Mendukung Transformasi Ekonomi Masyarakat Maritim dan Terus Melaju Untuk Indonesia Maju’. Termasuk Pembinaan Ketahanan Wilayah Maritim (Bintahwilmar) yang dilaksanakan secara mandiri atau bekerjasama dengan pemerintah atau Lembaga Pemerintah Non Kementerian (LPNK) dan komponen masyarakat lainnya.

Hal ini untuk mewujudkan kekuatan pertahanan wilayah maritim guna menghadapi ancaman, gangguan, hambatan, dan tantangan yang meliputi pembangunan dan pengembangan kekuatan Matra Laut serta membantu pemerintah dalam menyiapkan potensi nasional dengan pembinaan geografi, pembinaan demografi dan pembinaan kondisi sosial.

“Lanal Sibolga menyiapkan program KBN sebagai wadah pembinaan wilayah pesisir yang bertujuan untuk memecahkan permasalahan ekonomi, kesehatan dan edukasi bagi masyarakat pesisir, serta mendukung sistem pertahanan semesta melalui peningkatan kesejahteraan dan taraf hidup masyarakat pesisir menjadi masyarakat mandiri,” kata Palaksa Lanal Sibolga.

Baca Juga : Sambut Hari Armada 2023, Lanal Sibolga Gelar Baksos dan Donor Darah

Adapun kegiatan pembangunan objek-objek program KBN di Kelurahan Pasar Belakang yang telah dilaksanakan seperti pembangunan gapura KBN, pengecatan di sepanjang Jembatan Kuning dan pembangunan rumah pintar serta kegiatan Bhakti TNI Angkatan Laut berupa Bhakti Sosial Kesehatan bagi masyarakat Kelurahan Pasbel.

“Ada juga engobatan gratis, penyuluhan kesehatan serta pembagian paket sembako secara gratis sebanyak 100 paket yang akan diberikan kepada masyarakat sekitarnya,” tandas Palaksa Lanal Sibolga. (syaiful/hm24)

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles