14.4 C
New York
Sunday, April 28, 2024

Pertumbuhan Lapangan Usaha Transportasi dan Pergudangan di Labuhanbatu Meningkat Tinggi

Labuhanbatu, MISTAR.ID

Kepala Badan Pendapatan Propinsi Sumatera Utara Ahmad Fadly, S.Sos, M.Sp, menyampaikan apresiasi terhadap keberhasilan Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu atas peningkatan pertumbuhan ekonomi dikabupaten Labuhanbatu anggaran tahun 2023.

Sikap ini disampaikan Ahmad Fadly saat mewakili Gubernur Sumatera Utara Hasanuddin pada acara Musrenbang Penyusunan RKPD Kabupaten/Kota Tahun 2025 dan penyusunan RKPD Provinsi Sumatera Utara tahun 2024 di Ballroom Hotel Suzuya jalan Jendral Ahmad Yani Rantauprapat Kecamatan Rantau Utara Kamis (28/2/24).

“Laju pertumbuhan ekonomi berjalan dengan baik, tumbuh menjadi 4,80% pada Tahun 2022, meningkat 0,95% dibandingkan dengan capaian tahun 2021 sebesar 3,85%”, pertumbuhan tertinggi terjadi pada lapangan usaha transportasi dan pergudangan sebesar 8,66%.”. Ucap Ahmad Fadly.

Baca juga:Anggota Polisi di Labuhanbatu Dituduh Jadi Penadah Mobil, Begini Kata Polda Sumut

Sedangkan indeks pembangunan manusia tahun 2023 sebesar 74,70 poin mengalami peningkatan sebesar 0,74 poin dibandingkan tahun 2002 sebesar 73,96 poin, sementara kemiskinan terjadi penurunan sebesar 0,27% dari sebelumnya sebesar 8,26% pada tahun 2021 menjadi 7,99% pada tahun 2023.

Tingkat pengangguran terbuka juga meningkat terbaik pada Tahun 2022 sebesar 6,90%, mengalami penurunan menjadi 5,99%, pada tahun 2023 ini rasio juga terus membaik menjadi 0,244 poin pada tahun 2023, turun dari sebelumnya sebesar 0,278 poin pada Tahun 2022.ujarnya.

Diakhir pidato tertulisnya, Gubernur Sumatera Utara berpesan, “Pelaksanaan musrembang ini tidak hanya sekedar formalitas demi terwujudnya Sumatera Utara hebat, namun yang diperlukan adalah kolaborasi antara Pemerintah Pusat, Provinsi Kabupaten/kota Perguruan Tinggi, Swasta dan Masyarakat.pungkasnya.

Sebelumnya, Plt. Bupati Labuhanbatu Hj. Ellya Rosa Siregar, S.Pd, MM, mengucapkan ribuan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh stakeholder terkait yang telah mendukung keberhasilan pembangunan di berbagai bidang di Kabupaten labuhanbatu. “Capaian ini tidak terlepas dari kerjasama kita semua”.

Baca juga:Plt Bupati Labuhanbatu Letakkan Batu Pertama Ponpes Rihafaki Al-Haramain

Disampaikan PLT bupati Labuhanbatu, berdasarkan arah dan kebijakan pembangunan Kabupaten labuhan batu tahun 2025 maka telah disusun tema rancangan dengan rencana prioritas pembangunan tahun 2025 yaitu, kesehatan berkualitas, peningkatan penyelenggaraan pendidikan, perekonomian berbasis potensi daerah, peningkatan kuantitas sarana prasarana infrastruktur, peningkatan pelayanan publik dan perlindungan sosial.

Diakhir sambutan, Hj. Ellya Rosa mengatakan perlunya mendorong Musrembang sebagai forum menampung aspirasi dan masukkan dari berbagai stacholder.

Musrembang dimaksud juga dihadiri para pimpinan forkopimda Labuhanbatu, para ketua Komisi di DPRD Kabupaten Labuhanbatu, direktorat di kementerian Dalam Negeri dan pejabat lainnya. (yazis/hm06)

Related Articles

Latest Articles