17 C
New York
Wednesday, May 15, 2024

KPU Samosir Tetapkan DPT 100.595 Pemilih di Pemilu Mendatang

Samosir, MISTAR.ID

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Samosir menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) di daerah itu untuk Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 sebanyak 100.595 orang.

Penetapan jumlah pemilih untuk Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) tahun 2024 itu dilaksanakan melalui rapat pleno terbuka rekapitulasi DPT tingkat Kabupaten Samosir, pada Rabu (21/6/23) di Hotel JTS Hotel & Convention Parbaba, Pangururan.

Rapat pleno dihadiri para komisioner KPU Samosir, Sekretaris KPU dan staf, Ketua Bawaslu, Anggiat Sinaga, Asisten I, Tunggul Sinaga mewakili Bupati Samosir, Dandim, Kapolres, DPRD, pimpinan partai politik (parpol) peserta Pemilu, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam).

Baca juga: Tingkatkan Partisipasi Pemilih di Kabupaten Samosir, KPU Sosialisasikan Dapil dan Alokasi Kursi

Ketua KPU Samosir, Ika Rolina Samosir menyampaikan, penetapan DPT ini merupakan tindak lanjut dari pleno rekapitulasi Daftar Pemilih Sementara (DPS) hasil perbaikan yang telah dilaksanakan beberapa waktu lalu.

“Dalam proses penyusunan DPT ini, tentunya KPU mendapat dukungan seluruh elemen terkait. Untuk itu kami menyampaikan terima kasih atas kerja sama seluruh elemen masyarakat yang telah bahu membahu saling membantu dalam memastikan tersusunnya DPT ini dengan baik,” katanya.

Komisioner KPU Samosir, Divisi Data dan Perencanaan, Gomgom Situmorang menambahkan, sebanyak 100.595 pemilih itu terdiri dari 49.418 laki-laki dan 51.177 perempuan. Pemilih itu tersebar di 465 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di 134 Desa/Kelurahan dan 9 Kecamatan.

Baca juga: Tersebar di 6.933 TPS, DPT Kota Medan Berjumlah 1.853.458 Orang

Menurut Gomgom, hasil penetapan DPT ini merujuk pada DPS hasil perbaikan, tanggapan masyarakat dan sinkronisasi data secara nasional. Dengan pengesahan hasil penetapan DPT tersebut, Gomgom mengatakan, ini menjadi data pemilih Pemilu pada tanggal 14 Februari 2024.

“Kita berharap, DPT akurat, sehingga tidak ada persoalan di kemudian hari,” ungkapnya. (josner/hm16)

Related Articles

Latest Articles