11.1 C
New York
Sunday, April 28, 2024

Kesaktian Pancasila Diperingati di Toba, Berthema “Indonesia Maju Berlandaskan Pancasila”

Toba, MISTAR.ID

Peringatan Kesaktian Pancasila di masa pandemi covid-19 dengan thema “Indonesia Maju Berlandaskan Pancasila”, tahun ini diperingati secara virtual secara nasional yang dirangkai dengan Upacara Nasional dan Pidato Kenegaraan, Kamis (1/10/20).

Berdasarkan edaran mendikbud nomor:86491/MPK.F/TU/2020 tertanggal 28 September, dimana salah satu poin dalam surat edaran itu, agar setiap kantor instansi pusat dan daerah, kantor perwakilan RI diluar negeri serta seluruh komponen masyarakat Indonesia mengibarkan bendera merah putih setengah tiang pada tangal 30 September 2020 dan untuk tanggal 1 Oktober 2020 bendera dikibarkan satu tiang penuh sejak pukul 06.00 -18.00 WIB.

Selanjutnya dalam rangka mensukseskan peringatan kesaktian pancasila, juga dihimbau untuk mendengarkan pidato mendikbud melalui berbagai kanal media massa yakni televisi, radio dan media during pada tanggal 30 September pukul 08.00 – 08.30 WIB.

Secara khusus di Kabupaten Toba terkait edaran mendikbud untuk mensukseskan peringatan kesaktian pancasila, dilakukan di Balai Data Kantor Bupati Toba Kamis (1/10/20) yang diahadiri Sekda Audi Murphy Sitorus, Asisten Pemerintahan Harapan Napitupulu, Para Pimpinan opd dan para pejabat Pemkab Toba. Tampak acara berlangsung khikmat dalam kepatuhan displin protokol kesehatan.

Baca juga: Pengurus ISORI Toba Dilantik

Amatan Mistar sejak Rabu kemarin diseputaran pusat kota Balige sebagai ibukota kabupaten Toba, animo warga untuk mengibarkan bendera setengah tiang dan hari ini satu tiang penuh sangat berkurang.

Padahal saat Mistar mengkonfirmasi beberapa pimpinan instansi, termasuk Lurah Napitupulu sebagai wilayah kota Balige, telah meneruskan edaran mendikbud dan edaran sekretariat pemkab toba untuk mengibarkan bendera itu.

Demikian halnya dengan di daerah lain misalnya Lurah Sangkarnihuta, Lurah Balige 1, Kepala Sekolah SMPN 3 Balige, Camat Borbor, Camat Siantar Narumonda, Camat Silaen saat dikonfirmasi Mistar, melalui whatsAppnya, mereka mengakui telah memperoleh surat edaran itu untuk selanjutnya disebarluaskan kepada masyarakat untuk dipatuhi.

Padahal, Toba merupakan daerah asal salah seorang pahlawan yang memperjuangkan kesaktian Idiologi Negara yakni Pancasila, seakan luput dari perhatian pemerintah dan warga, hingga berita ini dinaikkan, amatan Mistar tak seorang pun yang menaburkan bunga sebagai bentuk penghormatan di monumen itu.(james/hm07)

Related Articles

Latest Articles