11.2 C
New York
Monday, May 6, 2024

Keren! 7 Mahasiswa Asahan Lolos Program PMM 2023

Asahan, MISTAR.ID

Sebanyak 7 orang mahasiswa-mahasiswi asal Kabupaten Asahan lolos mengikuti program Pertukaran Mahasiswa Merdeka atau PMM angkatan ketiga tahun 2023.

Untuk diketahui, PMM tahun 2023 (PMM 3) merupakan sebuah program mobilitas mahasiswa-mahasiswi selama 1 semester untuk mendapatkan pengalaman belajar di berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Sekaligus memperkuat persatuan dalam keberagaman.

Setidaknya ada 15.000 kuota bagi mahasiswa-mahasiswi vokasi seluruh Indonesia yang berada di bawah naungan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) bisa memilih satu dari 201 perguruan tinggi sebagai tempat tujuan belajar.

Baca juga: 216 Mahasiswa USU Ikuti Program PMM, 10 Mahasiswa Program IISMA

Ada pun, ketujuh mahasiswa-mahasiswi itu berasal dari SMTIK Royal Kisaran dan akan menempuh di berbagai perguruan tinggi di Indonesia.

“Prestasi ini menjadi suatu kebanggaan untuk STMIK Royal Kisaran. Karena dengan mengikuti PMM 3, mahasiswa-mahasiswi kami mendapatkan pengalaman belajar di perguruan tinggi lain dan meningkatkan wawasan, integritas, solidaritas, serta menjalin jejaring komunikasi dengan mahasiswa se-Indonesia,” kata Ketua STMIK Royal Kisaran, Wan Mariatul Kity kepada wartawan Kamis (8/6/23).

Ia berharap kepada seluruh mahasiswa-mahasiswi yang lolos dapat mempergunakan kesempatan ini secara baik, untuk belajar dengan serius dan menjadi motivasi bagi yang lainnya.

Baca juga: STMIK Royal Kisaran Wisuda 151 Sarjana dan Ahli Madya Angkatan XI dan XX

Dilansir dari akun Instagram resminya @pertukaranmahasiswamerdeka, PMM 3 membuka 2 jalur program bagi mahasiswa-mahasiswi, yaitu akademik dan vokasi. Jalur akademik ditujukan untuk mahasiswa semester 3, 5, dan 7 dari jenjang sarjana. Sementara vokasi berlaku untuk jenjang D3 dan D4.

Mekanisme program PMM 3 adalah akademik ke akademik. Begitu juga vokasi ke vokasi. Artinya, mahasiswa-mahasiswi jalur akademik akan belajar di kampus lain sesuai jenjang studinya. Ini berlaku juga untuk jalur vokasi.

Berikut nama-nama yang lolos dan kampus yang dituju :

  1. Ridha Afifah (Universitas Komputer Indonesia)
  2. Tascha Adela Hutauruk (Universitas Katolik Parahyangan)
  3. Defry Nazhira Sulistiawan (Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur)
  4. M Tegar Madani Sinaga (Universitas Sarjanawiyata Taman Siswa)
  5. Cetryn Ayu Diah Lestari Saragih (Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur)
  6. Uut Ravita Sihombing (Universitas Tidar)
  7. Rifki Aulia Rahman Putra Sitorus Pane (Universitas Sarjanawiyata Taman Siswa). (perdana/hm16)

 

 

Related Articles

Latest Articles