17.8 C
New York
Wednesday, May 8, 2024

Kepala UKPBJ Humbahas Bantah Pemenang Tender Pengadaan Cleaning Service RSUD Direncanakan

Humbahas, MISTAR.ID

Kepala UKPBJ Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) Renward Marpaung, membantah pemenang tender cepat pengadaan jasa cleaning service di RSUD Dolok Sanggul, sudah terencana. Ia mengatakan, proses tersebut sudah tersistem di LPSE dan Sistem Informasi Kinerja Penyedia atau disebut SIKAP.

“Ah gak ah, itu semua sudah tersistem di LPSE, dan SIKAP. Yang merupakan sebuah subsistem dari sistem pengadaan secara elektronik yang digunakan untuk mengelola data/informasi mengenai riwayat kinerja dan data kualifikasi penyedia barang/jasa yang dikembangkan oleh LKPP,” kata Renward didampingi salah seorang rekan kerjanya kepada wartawan, Kamis (7/4/22), di ruang kerjanya.

Renward menambahkan, proses tender pengadaan jasa cleaning service ini adalah merupakan proses tender cepat dilakukan. Yang sebelumnya, pihaknya menerima dokumen dari Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) RSUD Dolok Sanggul, berupa syarat-syarat dokumen yang harus dipenuhi perusahaan.

Adapun itu, lanjut dia, di antaranya memiliki izin usaha yakni (NIB), memiliki klasifikasi yakni izin usaha dan pengalaman, KBLI 2020, N8121, N81210, dan aktivitas kebersihan umum bangunan.

Baca Juga:Anggaran RSUD Dolok Sanggul Habis untuk Urusan Cleaning Service

“Selain itu, pengalaman yakni memiliki pengalaman pekerjaan sejenis minimal 1 kali dengan nilai kontrak Rp1.366.629.300,00 pada salah satu pengalaman pekerjaan antara, durasi tahun 2019-2021,” ujar Renward lagi. Setelah diterima, pihaknya kemudian mengumumkan di LPSE.

“Setelah diumumkan, beberapa perusahaan memasuki penawarannya. Dari perusahaan-perusahaan yang masuk melakukan penawaran itu sudah terverifikasi di sistem SiKAP,” ungkapnya.

Artinya, SIKAP membantu proses identifikasi data penyedia, sehingga pemilihan penyedia dapat dilakukan dengan cepat.

Kemudian, dari penawaran hanya empat perusahaan yang memasuki penawarannya dari sembilan perusahaan yang masuk antara lain, PT Graha Gresik dengan harga penawaran senilai Rp1.230.009.698,09, PT Yuwana Eka Sejati Sentosa dengan penawaran Rp1.255.143.837,35, PT Baktri Karya Sarana penawaran Rp1.263.914.505,00.

Baca Juga:Plt Dir RSUD Dolok Sanggul Sebut Pembayaran Insentif Nakes 2021 Tersisa Rp800 Juta

Terakhir, PT Griya Resik Mandiri dengan penawaran Rp1.360.551.178,50. Dari penawaran ini, selanjutnya hasil evaluasi ditandai bahwa PT Graha Gresik sebagai pemenang. Kemudian, pihaknya menutup proses dan menyerahkan proses selanjutnya kepada PPK untuk mengundang pemenang untuk berkontrak.

Disinggung sekaitan keabsahan dokumen, Reward menjelaskan, tidak lagi pihaknya melakukan pemeriksaan dokumen dikarenakan proses tender pengadaan jasa cleaning service adalah proses tender cepat.

“Kami saja gak tahu siapa nama direktur perusahaan. Karena sudah tersistem itu, SIKAP langsung memverifikasi. Jadi, sekaitan dokumen langsung PPK-nya meminta dan itu bentuk undangan yang dilakukan dan dikirm ke email perusahaan masing-masing, setelah diketahui siapa pemenangnya,” terangnya.

“Nanti, pemenang pertama diundang yang paling terendah, dan dibuat jadwal kapan bisa hadir. Jika pemenang pertama tidak bisa hadir, berarti gagal. Dikirim lagi undangan ke perusahaan penawaran kedua, jika kedua tidak datang masuk lagi undangan, dan seterusnya. Kalaupun keempat perusahaan yang mengikuti proses tender cepat ini, tidak bisa hadir dari undangan PPK berarti gagal proses tendernya,” bebernya.

Baca Juga:Rumdis Direktur RSUD Dolok Sanggul Disulap Jadi Ruang Isoter

Disinggung, ada peryataan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) RSUD Dolok Sanggul Robert Silaban sekaitan pengalaman kerja PT Graha Gresik bahwa masalah keabsahaannya, Rewarnd menjelaskan, pihak PPK yang lebih jelas mengetahui sejauhmana pengalaman perusahaan tersebut.

“Mereka yang tahu itu, karena mereka yang mengundang dan mereka yang memeriksa, bukan kami. Kami hanya mengumumkan dengan proses tender cepat,” katanya. Sebelumnya, anggaran Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dolok Sanggul Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), habis untuk urusan cleaning service.

Anggaran yang dikeluarkan pihak rumah sakit itu, sudah sejak tahun 2016 sampai tahun 2022 ini hanya untuk biaya jasa cleaning service. boleh dibilang cukup fantastis. Fantatisnya, rumah sakit milik Pemkab itu tidak tanggung-tanggung mengeluarkan anggaran.

Seperti di tahun anggaran 2022 ini, menghabiskan dana hingga mencapai Rp1,4 miliar. Dan, kini tender jasa cleaning service rumah sakit telah diumumkan secara online melalui sistem Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE), dan dimenangkan PT Graha Gresik yang beralamat di komplek Ruko Griya Prima Blok A1 No 8 Kelurahan Buliang Kecamatan Batuaji Batam.

Baca Juga:Sempat Dirawat RSUD Dolok Sanggul, 2 Warga Cilegon Terkonfirmasi Covid-19

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) RSUD Dolok Sanggul Robert Silaban saat dikonfirmasi mengatakan, jasa cleaning service tahun anggaran 2022 di rumah sakit dimenangkan PT Graha Gresik.

Dikatakannya, ada beberapa item nantinya jenis pengerjaan yang dilaksanakan pihak ketiga tersebut di antaranya, pembayaran gaji sesuai UMK Kabupaten Humbahas senilai Rp2.538.344,79, BPJS Tenaga Kerja, BPJS Kesehatan, THR dan pembelian alat-alat perlengkapan lainnya.

Menurut Robert, anggaran jasa cleaning service itu sepenuhnya terhadap kebersihan di rumah sakit. Dengan anggota kebersihannya sebanyak 35 orang. Yang sebelumnya, hanya 30 orang.

Saat ditanya, soal pengalaman kerja pihak ketiga, Robert memilih bungkam dan enggan menanggapi. “Dari keabsahan UKPBJ itu sudah sah,” kata Robert singkat saat ditanya sejumlah wartawan di ruang kerjanya belum lama ini.

Baca Juga:Pegawai RSUD Dolok Sanggul Bagian Radiologi Positif Covid-19

Selain itu, Robert juga tidak dapat menjawab berapa persen pembayaran pihak ketiga kepada BPJS Kesehatan dan Tenaga Kerja. Apakah pembayaran itu dipotong dari gaji jasa pegawai lepas tersebut atau dari anggaran senilai Rp1,4 miliar.

“Tapi, sesuai kontrak itu di luar gaji, setahu kami. Karena selama ini tidak ada aduan,” ujar Robert didampingi rekan kerjanya bermarga Sihite.

Kemudian, ketika ditanya perhitungan pembayaran gaji cleaning service dimulai kapan dibayar oleh PT Graha Gresik, Robert mengaku, akan berjalan di bulan April sampai Desember tahun 2022.

“Sebelumnya, sifatnya ditangani sementara oleh pihak rumah sakit yakni Januari hingga Maret. Mulai bulan April berjalan sampai 9 bulan,” katanya.(dedy/hm10)

Related Articles

Latest Articles