24.5 C
New York
Tuesday, June 4, 2024

Kecamatan Porsea Mulai Panen Raya Padi, Begini Pesan Warga untuk Bupati Toba

Toba, MISTAR.ID

Petani di Desa Patane I Kecamatan Porsea Kabupaten Toba, Provinsi Sumatra Utara memasuki musim panen raya padi dan rata-rata hasil panen mengalami peningkatan dari panen tahun sebelumnya.

Hal ini berdampak dari terjaganya unsur hara tanah karena tradisi menanam padi sekali dalam setahun dan setelah panen sawah akan dijadikan kolam ikan, hal ini dilakukan oleh petani sejak ratusan tahun lebih.

Pantauan mistar.id setelah menanyakan beberapa Petani di Desa Patane I Kecamatan Porsea yang sudah memanen padinya, rata-rata mengakui hasil panen padi yang didapat tahun 2024 mengalami peningkatan.

Baca juga : Kelompok Tani Pintu Pohan Panen Raya Cabai Keriting Kelima Kalinya

“Puji Tuhan hasil panen yang didapat tahun 2024 ini meningkat dari tahun 2023. Semoga untuk tahun berikutnya juga mengalami peningkatan serta harga juga stabil untuk kesejahteraan kami petani,” kata Harun Sirait, Selasa (4/6/24).

Terpisah, salah seorang warga Patane I, Aldi Sirait sangat menyesalkan dengan program yang selalu disampaikan oleh Bupati Toba Poltak Sitorus seakan terlalu memaksakan agar petani di Kecamatan Porsea untuk tanam padi dua kali apabila ingin memiliki banyak uang.

“Benar dengan tanam dua kali akan panen dua kali. Maka otomatis akan menghasilkan panen lebih dalam setahun karena panennya dua kali, tetapi belum tentu menghasilkan banyak uang dan masyarakat petani memiliki kesehatan yang maksimal,” ujar Aldi.

Related Articles

Latest Articles