11.8 C
New York
Wednesday, May 1, 2024

Jelang Idul Fitri, Kesadaran Masyarakat Untuk Divaksin Booster Mulai Meningkat

Medan, MISTAR.ID

Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara mengaku kesadaran masyarakat untuk divaksin booster atau dosis 3 mulai meningkat menjelang perayaan Idul Fitri. Kepala Dinkes Sumut drg Ismail Lubis mengaku, berdasarkan data milik Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara, jumlah masyarakat yang sudah disuntik vaksin booster hingga Minggu 17/4/2022), sebanyak 1,6 juta jiwa.

“Secara perlahan masyarakat mulai sadar akan pentingnya booster. Dari 14,7 juta jiwa sasaran, 11,37 persen (1,6 juta jiwa lebih) sudah booster,” kata Ismail, Senin (18/4/22). Ia mengaku, menjelang Idul Fitri, kesadaran masyarakat untuk divaksin booster. Pasalnya pemerintah pusat telah mengeluarkan kebijakan bahwasanya jika ingin melakukan mudik pada Idul Fitri tahun ini, harus diiringi dengan syarat telah mendapatkan vaksin booster.

Ismail mengaku, secara jumlah dari 33 kabupaten/kota di Sumut ternyata penduduk paling banyak disuntik booster adalah Kota Medan (359 ribu jiwa) dan Deli Serdang (192 ribu jiwa). “Warga Medan dan Deli Serdang yang sudah banyak menerima booster. Sedangkan daerah lain cakupannya di bawah 100 ribu jiwa,” ujarnya.

Baca juga: Pemko Medan Harus Kejar Capaian Vaksinasi Booster

Dia menuturkan, pihaknya bersama dinas kesehatan kabupaten/kota terus mengimbau kepada masyarakat agar mengikuti booster Covid-19. Suntikan booster diberikan setelah perlindungan yang dihasilkan oleh suntikan primer mulai berkurang seiring waktu.

“Tujuan vaksinasi booster adalah untuk meningkatkan kekebalan tubuh, pada saat vaksin awal mungkin mulai hilang. Tanpa suntikan booster, efek perlindungan dari beberapa vaksin dapat mulai berkurang. Dengan vaksin booster, seseorang akan memastikan bahwa dia akan terlindungi dari penyakit dan infeksi yang dapat dicegah,” ungkapnya sembari menambahkan, jumlah lansia yang telah booster sebanyak 17,70 persen dari sasaran lansia 1,09 juta jiwa. (saut/hm09)

Related Articles

Latest Articles