16.4 C
New York
Friday, May 10, 2024

Jalan Sepanjang 30 Kilometer di Palas Sudah Puluhan Tahun Rusak

Padang Lawas, MISTAR. ID

Jalan yang menghubungkan Jalan Aliaga – Muaratige, Kecamatan Sosa Timur, Kabupaten Padang Lawas (Palas) sepanjang 30 kilometer sudah puluhan tahun rusak. Padahal, jalannya ini merupakan akses utama masyarakat untuk sampai ke pusat ibu kota Kabupaten Padang Lawas.

Salah satu tokoh masyarakat di Kecamatan Sosa Timur, Irwan Hasibuan membenarkan hal tersebut. Ia menambahkan, masyarakat semakin sulit melalui jalan tersebut apabila musim hujan karena mengakibatkan jalan sangat licin dan berlumpur.

“Jalan rusaknya lebih kurang 30 kilometer. Bahkan sering pengendara motor yang jatuh akibat kondisi jalan yang memprihatinkan,” kata Irwan kepada mistar.id, Minggu (24/9/23).

Baca juga: Jalan Rusak di Labura Juli 2023 Mulai Diperbaiki dengan Anggaran Rp800 Miliar, Jokowi Lakukan Ini

Irwan berharap adanya perhatian dari pemerintah daerah maupun provinsi  untuk segera melakukan perbaikan.

“Jalan di Palas ini yang menghubungkan ke Kabupaten Rokan Hulu, Riau, tidak pernah mendapat perhatian dari pemerintah. Padahal, sudah puluhan tahun kondisi jalan tersebut mengalami rusak parah,” tambahnya.

Lanjutnya, sudah sepatutnya Kecamatan Hutara Tinggi dan Kecamatan Sosa Timur mendapat perhatian khusus dari pemerintah.

“Dua kecamatan tersebut termasuk penyumbang PAD tertinggi di Palas. Wajar mendapat perhatian untuk perbaikan jalan,” lanjutnya.

Baca juga: Jalan Rusak di Persimpangan Traffic Light Ahmad Yani Membahayakan, Warga Berharap Ada Perbaikan

Di kesempatan berbeda, salah satu masyarakat di Sosa Timur, Ahmad Husein Nasution berharap hal senada.

“Kondisi jalan memang sudah puluhan tahun rusak parah. Semakin parah karena truk perusahaan bertonase tinggi membawa CPO dari PT KAS, PTPN 4 Sosa dan PT PHS melewati jalan tersebut. Ditambah musim hujan yang membuat jalan licin, maka jalan sangat sulit dilalui,” Ahmad Husein. (Iskandar/hm20)

Related Articles

Latest Articles