27.3 C
New York
Tuesday, April 30, 2024

Jaga Pulau Salah Nama, TNI AL Lakukan Pelatihan Pemetaan

Tanjungbalai, MISTAR.ID

Pangkalan TNI Angkatan Laut Tanjungbalai, Asahan (Lanal TBA) melaksanakan kegiatan Tactical Floor Game (TFG). Kegiatan pemetaan di atas peta Itu merupakan pendidikan latihan bagi prajurit untuk mengamankan suatu wilayah dari kejahatan militer maupun non militer.

Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut Tanjungbalai, Asahan, Letkol Laut (P) Robinson Hendrik Etwiory di sela-sela kegiatan mengatakan bahwa latihan TFG tersebut dilaksanakan untuk mengasah sekaligus merefres kemampuan pasukan agar selalu terjaga.

“Latihan TFG yang kami lakukan pada hari ini merupakan sebuah pemetaan yang digambarkan di atas sebuah peta. ” katanya, Rabu (3/2/21). Sedangkan pemetaan dari kegiatan TFG tersebut, kata Robinson berlokasi di Pulau Salah Nama yang merupakan masih di wilayah teritorial Pangkalan TNI AL itu sendiri.

Baca juga: TNI AL Evakuasi 4 ABK KM Aina Jaya di Perairan Belawan

“Pulau Salah Nama itu merupakan perbatasan antara Selat Malaka. Sedangkan tujuan dari pelatihan ini dilaksanakan untuk mengantisipasi bila sewaktu-waktu ada hal genting,maka prajurit Lanal TBA sudah siap menghadapinya. Apakah itu kejahatan dari militer ataupun non militer. ” pungkasnya.

Pelatihan TFG ini, sambung Letkol Laut (P) Robinson lagi, disertai dengan pelatihan penggunaan senjata yang nantinya akan digunakan prajurit di Pulau Salah nama.

“Sebanyak 40 orang prajurit dilibatkan dalam pelatihan nantinya. Ada tujuh (7) buah kapal perang nantinya akan kita kerahkan ke pulau salah nama yang merupakan sebagai lokasi tidak bergerak,” tandasnya. (eko/hm09)

Related Articles

Latest Articles