17.8 C
New York
Tuesday, May 14, 2024

Plang PGRI Diresmikan Kadisdik Deli Serdang Dirobohkan PTPN II

Deli Serdang, MISTAR.ID

PT Perkebunan Nusantara II (PTPN II) yang kini telah melebur menjadi SupportingCo bersama PTPN lainnya memastikan area yang hendak dijadikan perumahan Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) di Desa Sampali, Kecamatan Percut Seituan, Kabupaten Deli Serdang merupakan lahan Hak Guna Usaha (HGU) aktif.

Ini membuat pihak PTPN II mengambil tindakan tegas terhadap plang bertuliskan ‘Pembangunan Perumahan PGRI’ di wilayah itu yang dibuat oleh PGRI Kecamatan Percut Seituan.

Tindakan penertiban dilakukan hanya berjarak 2 hari, setelah Kadis Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Deli Serdang, Yudi Hilmawan menarik tirai plang tanda diresmikannya akan dibangunnya perumahan PGRI di atas lahan HGU PTPN II.

Baca juga:Temukan Rekonstruksi Tanpa Pengawas dan Plang, Wabup Dairi Minta Bongkar

Informasi yang dihimpun mistar.id menyebutkan, Yudi datang ke lokasi acara peresmian, pada Rabu (29/11/23). Sementara penertiban plang dilakukan oleh pihak PTPN II, pada Jumat (1/12/23).

Plang yang dirobohkan itu sebelumnya bertuliskan ‘Di sini akan dibangun Perumahan PGRI Kecamatan Percut Seituan Kabupaten Deli Serdang berdasarkan Pelepasan Hak Sultan Deli tahun 1997’.

Humas PTPN II, Rahmat Kurniawan mengatakan, penertiban yang mereka lakukan merupakan bagian dari penyelamatan aset perusahaan.

Baca juga:Aksi Pengerusakan Plang HGB PTPN II Dilaporkan ke Polda Sumut

Selanjutnya di lahan tersebut akan mereka pasang plang PTPN II. Saat ini sedang proses pembuatan plang untuk bisa secepatnya diletakkan di lahan tersebut sebagai penegasan dari perusahaan.

“Lahan HGU 152 Sampali. Maka kemarin kita robohkan sebagai penyelamatan aset. Begitu kita mendapat informasi akan dibangun perumahan PGRI langsung dicek dan tanya pihak terkait, ternyata itu HGU 152,” ujar Rahmat, pada Sabtu (2/12/23).

Disebutkan Rahmat, lahan HGU yang berada di wilayah Kecamatan Percut Seituan dan Batang Kuis saat ini masih banyak dikuasai penggarap. Pihaknya saat ini juga tengah fokus untuk terus melakukan pembersihan lahan sebagai penyelamatan aset.

Baca juga:Tolak Kosongkan Rumah Dinas, Warga Perumahan PTPN 2 Rusak Plang

“Pokoknya yang dikuasai oleh pihak lain akan kita ambil,” bilang Rahmat.

Sementara sejumlah anggota PGRI Kabupaten Deli Serdang membenarkan Kadisdik sempat hadir saat itu.

“Kehadiran Kadis memenuhi undangan dari pengurus PGRI Kecamatan Percut Seituan,” jelas anggota PGRI yang mewanti-wanti agar namanya jangan sampai dipublikasikan. (sembiring/hm16)

Related Articles

Latest Articles