11.6 C
New York
Wednesday, October 9, 2024

Inalum Bersama Pemkab Toba Kolaborasi Program Germas

Toba, MISTAR.ID

PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) kembali menunjukkan komitmennya terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui dukungan penuh terhadap program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas).

Acara ini berlangsung di Club House Komplek Perumahan PT Inalum, Desa Pintu Pohan, Kecamatan Pintu Pohan Meranti, Kabupaten Toba, awal pekan kemarin. Kegiatan merupakan bentuk kolaborasi antara PT Inalum dengan UPT Puskesmas Pintu Pohan Meranti dan Dinas Kesehatan Kabupaten Toba.

Kepala Seksi Community Development/CSR PLTA PT Inalum, Zainuddin Iqbal Sidabutar mengatakan, tujuan utama dari program ini adalah meningkatkan kualitas hidup masyarakat dengan mendorong mereka untuk menerapkan perilaku hidup sehat, sebab kesehatan adalah asset penting bagi masyarakat.

“Kesehatan adalah aset penting bagi masyarakat. Melalui program Germas, kami berharap dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan melalui pola hidup sehat, pemeriksaan kesehatan rutin, hingga pencegahan penyakit,” ujar Zainuddin, Rabu (9/10/24).

Kolaborasi antara berbagai pihak termasuk Puskesmas dan Dinas Kesehatan, sangat diperlukan agar program ini berjalan dengan baik. Pihaknya juga terbuka untuk menerima masukan dari masyarakat, apakah pemeriksaan kesehatan yang dilakukan setahun sekali cukup atau perlu ditingkatkan.

Baca Juga : Inalum dan PJT-1 Bangun KPM Kapasitas 500 Ribu Bibit di Pintu Pohan Meranti

Camat Pintu Pohan Meranti, Josten Sihotang mengatakan, program Germas ini adalah bukti kolaborasi yang luar biasa dan berharap agar program ini dapat berjalan dengan baik dan memberikan manfaat yang nyata bagi masyarakat.

Josten berharap pertemuan seperti ini dapat terus dilaksanakan dan menghasilkan solusi nyata bagi masalah kesehatan di wilayah Kecamatan Pintu Pohan Meranti.

Kepala UPT Puskesmas Pintu Pohan Meranti, Ferawati Ginting, juga menekankan pentingnya semangat dalam mengikuti program Germas. Ferawati menekankan pentingnya menjaga asupan gizi, aktivitas fisik yang cukup serta pemeriksaan kesehatan secara berkala agar masyarakat dapat hidup lebih sehat dan produktif.

Program pemberdayaan kader kesehatan ini melibatkan berbagai kegiatan seperti pemeriksaan kesehatan, senam bersama, praktek pemenuhan makanan bergizi, serta diskusi dan seminar tentang peranan mitra dalam mendukung Germas.

Acara ditandai dengan penyerahan simbolis bantuan dari PT Inalum, yakni dukungan untuk pencegahan stunting, bantuan sanitasi dan pemberian makanan tambahan (PMT) untuk penderita TBC. (nimrot/hm24)

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles