20.3 C
New York
Monday, July 1, 2024

Hassanudin Ungkap 4 Prioritas Pembangunan Sumut di Pra Musrenbang RKPD

Karo, MISTAR.ID

Pj Gubernur Hassanudin, mengungkapkan empat prioritas pembangunan daerah Sumut saat membuka Pra Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Sumut 2025 di Sibayak Hotel, Berastagi, Kabupaten Karo, Selasa (16/1/24).

Hassanudin juga membuka wacana mengenai kualitas sumber daya manusia dan sosial, pertumbuhan ekonomi inklusif, infrastruktur berkelanjutan, dan peningkatan tata kelola pemerintah.

Pertama, kata Hassanudin, fokus pada peningkatan kualitas sumber daya manusia dan sosial masyarakat, termasuk pendidikan, kesehatan, kemiskinan, kesetaraan gender, iklim demokrasi, dan ketahanan bencana.

Program ini melibatkan sejumlah kegiatan strategis seperti pelaksanaan SMA terbuka, pembangunan ruang kelas baru, serta layanan kesehatan mental dan perlindungan kesehatan ibu dan anak.

Baca Juga: Wali Kota Siantar Soroti Tingkat Pengangguran di Pra Musrenbang RKPD

Kedua, upaya peningkatan pertumbuhan ekonomi inklusif dengan penanganan pengangguran, pertumbuhan UMKM, peningkatan produktivitas pertanian, kesejahteraan petani, serta pengembangan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Ketiga, peningkatan kualitas pembangunan infrastruktur yang berkelanjutan untuk mendukung konektivitas dan pembangunan di berbagai sektor.

Keempat, fokus pada peningkatan tata kelola pemerintah yang berkualitas dan inovatif. Ini melibatkan peningkatan nilai reformasi birokrasi, sistem akuntabilitas kinerja instansi pemerintahan, dan pelayanan publik yang efektif.

Hassanudin berharap agar kabupaten/kota memberikan masukan konstruktif berbasis parsial, memperhatikan daya dukung dan keberlanjutan, disesuaikan dengan kewenangan yang diatur dalam undang-undang.

Baca Juga: Medan Dihuni Banyak Etnis, Lambang Kekayaan Budaya dan Seni

“Forum pra Musrenbang menjadi kunci untuk menyatukan perencanaan daerah dan membangun integritas antara perencanaan nasional, provinsi, dan kabupaten/kota,” jelasnya.

Bupati Karo, Corry Sebayang, sebagai tuan rumah, berharap agar Pra Musrenbang berlangsung sesuai rencana dan memberikan usulan rencana kerja yang mendorong pembangunan di setiap kabupaten/kota dan Provinsi Sumut.

Selain membahas prioritas pembangunan, Pj Gubernur Sumut dan Bupati Karo juga mengunjungi Bus Layanan Kesehatan, memberikan pelayanan kesehatan gratis, mendukung upaya masyarakat dalam menjaga kesehatan. (Hutajulu/hm22)

Related Articles

Latest Articles