15.7 C
New York
Saturday, May 4, 2024

Hasilkan Banyak Jenis Buah, Gurubenua Berpotensi jadi Desa Agrowisata

Karo, MISTAR.ID

Guna meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat, Ketua DPRD Sumatera Utara, Baskami Ginting, dan Anggota Komisi DPR RI, Djarot Saiful Hidayat, mengadvokasi transformasi Desa Gurubenua, Kecamatan Munte, Kabupaten Karo, menjadi desa agrowisata. Komitmen ini diungkapkan saat temu ramah bersama tokoh adat, pemuda, dan warga di sana.

Baskami Ginting menyampaikan bahwa Desa Gurubenua memiliki potensi wisata yang kaya, termasuk durian musangking, alpukat, jeruk, dan kopi. “Kami sedang Mari mendorong desa kita ini agar menjadi desa wisata,” ungkapnya, saat diwawancarai di kantor Gubsu, Kamis (21/12/23).

Baskami menyoroti potensi pertanian, kearifan lokal, dan keindahan alam sebagai modal utama dalam pengembangan agrowisata di desa Gurubenua. Tak mau ketinggalan, Djarot Saiful Hidayat juga menyebut desa Gurubenua memiliki buah-buahan berkualitas yang dapat dipasarkan baik di pasar domestik maupun mancanegara.

Baca juga:Miris, Monumen Mayjen Djarot Supadmo di Simalungun Dibiarkan Terbengkalai

Djarot telah menyumbangkan alat sistem pertanian, seperti hand tractor, dan mendukung pembangunan jaringan irigasi untuk meningkatkan produktivitas pertanian.

Kepala Desa Gurubenua, Jepri Andi Sinuraya, menyambut baik dukungan dari kedua legislator tersebut. Meskipun bersyukur atas bantuan yang telah diterima, Jepri menyoroti permasalahan serius jaringan telekomunikasi di desa mereka, dan berharap agar diperbaiki untuk mendukung perkembangan potensi desa.

Djarot berharap, jika potensi wisata Gurubenua dioptimalkan, desa ini dapat menjadi contoh bagi desa-desa lain di Kabupaten Karo. Sementara itu, masyarakat Gurubenua berharap mendapatkan lebih banyak dukungan, termasuk peningkatan infrastruktur dan penyaluran bibit unggul untuk pengembangan pertanian. (Hutajulu/hm17)

Related Articles

Latest Articles