22 C
New York
Tuesday, April 30, 2024

Dukung KSPN Danau Toba, 390 Rumah Diperbaiki

Toba, MISTAR.ID

Pemerintah Kabupaten Toba mendapatkan program peningkatan kualitas rumah swadaya dari Direktorat Jenderal Kementerian PUPR. Sebanyak 390 rumah warga di sepanjang jalan provinsi menuju kawasan pariwisata di kawasan pariwisata Danau Toba, mendapat bantuan biaya perbaikan.

Hal itu dibenarkan oleh Aslina M.Siahaan,ST selaku Koordinator Kategori Koridor dari Program Kementerian, kepada Mistar, Jumat (16/10/20).

Dijelaskan Aslina, program ini dilakukan untuk mendukung Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Danau Toba.

“Program peningkatan kualitas rumah swadaya itu mengucurkan dana sebesar Rp35 juta untuk setiap unit rumah, dengan rincian untuk biaya belanja material sebesar Rp30 juta dan biaya upah tukang sebesar Rp5 juta,” jelasnya.

Baca juga: Pemkab Toba Salurkan Nutrisi dan Altan Kepada 355 Orang Lansia

Aslina yang bertugas di 6 Kabupaten yakni Kabupaten Toba, Tapanuli Utara, Humbang Hasundutan, Dairi, Samosir dan Simalungun, mengaku bahwa Kabupaten Toba mendapatkan kuota yang terbanyak, dari kabupaten tetangga lainnya.

“Ke-390 unit rumah itu, tersebar di 9 Kecamatan yakni Kecamatan Tampahan sebanyak 52 pemanfaat, Balige 95, Laguboti 25, Sigumpar 18, Siantar Narumonda 14, Porsea 29, Bonatua Lunasi 41, Lumban Julu 56 dan Ajibata sebanyak 60 pemanfaat,” terangnya.

“Kita patut menyampaikan apresiasi kepada Ir.Darwin Siagian selaku Bupati Toba atas kerja keras beliau selama ini, dalam memaksimalkan pengajuan permohonan hingga dapat terealisasi saat ini, yang mana program ini merupakan bukti keseriusan pemerintah dalam membangun kawasan Danau Toba sebagai kawasan destinasi pariwisata.

Roland Purbatua Tambunan (58) warga Desa Lumban Gaol Kecamatan Balige, salah seorang pemanfaat bantuan mengatakan sangat mensyukuri adanya bantuan itu.

Baca juga: Terjatuh Dari Sampan, Bornok Lumbantoruan Tenggelam Di Danau Toba

“Bang, saya sangat senang dan berterima kasih atas bantuan ini, sehingga ukuran rumahku dapat bertambah,” ujarnya seraya dia mengaku selama ini menghuni rumah kecil di samping rumah orangtuanya. (james/hm07)

Related Articles

Latest Articles